Vladimir Putin Hampir Terbunuh, Mobil Diserang Bom

JABAREKPRES – Presiden Rusia Vladimir Putin terancam menjadi korban pembunuhan setelah mobilnya diserang bom saat tengah melakukan iring-iringan.

Kabar ini terungkap dalam laporan Euro Weekly News, Kamis (15/9/2022), juga merujuk sumber Kremlin, saluran Telegram General GVR.

Belum jelas kapan kejadian mobil putin diserang bom. Namun dikatakan iring-iringan Putin sempat dihalangi sebuah ambulans.

“Dalam perjalanan ke kediaman … mobil pengawal pertama dihadang oleh ambulans, (dan) mobil pengawal kedua melaju tanpa berhenti (karena) ‘rintangan’ tiba-tiba,” tulis media tersebut dikutip Kamis (15/9).

“Di mobil Putin, ledakan keras terdengar dari roda depan kiri diikuti oleh asap tebal,” tambah media tersebut.

Dalam insiden tersebut, Putin dikabarkan tidak terluka. Dinas keamanan dikatakan telah melakukan beberapa penangkapan.

Sejumlah pengawal Putin juga dikabarkan “menghilang”. Tak jelas apakah mereka terkait kejadian ini.

Hal ini merupakan kedua kalinya Putin lolos dari upaya pembunuhan. Sebelumnya, upaya yang sama sempat terjadi Mei lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan media Ukrainska Pravda, Kepala Direktorat Intelijen Ukraina Kyrylo Budanov mengklaim bahwa ada “usaha yang gagal untuk membunuh Putin”. Dia mengklaim bahwa Putin diserang oleh “perwakilan Kaukasus”.

Laporan ini terjadi di tengah pemberitaan kekalahan Rusia di Ukraina. Dilaporkan CNN International, sebuah petisi juga diajukan puluhan pejabat lokal yang meminta Putin turun.

Zelensky Kecelakaan

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dilaporkan terlibat kecelakaan lalu lintas. Kejadian ini terjadi di ibu kota Ukraina, Kyiv.

Dalam sebuah pernyataan Kamis, Juru Bicara Kepresidenan Serhii Nykyforov membuat unggahan Facebook. Ia menyebut Zelensky tidak terluka parah dalam kejadian itu.

Nykyforov juga menjelaskan bahwa kejadian itu melibatkan mobil Zelensky dan kendaraan pribadi. Tapi tidak dijabarkan kapan kejadian itu persisnya terjadi.

“Presiden diperiksa oleh dokter, tidak ada luka serius yang ditemukan,” katanya dikutip Reuters, seraya menambahkan kecelakaan itu akan diselidiki.

Sebelumnya Rabu, Zelensky mengunjungi kota Izium yang berada di wilayah Kharkiv. Lima hari yang lalu, pasukan Ukraina berhasil merebutnya dari militer Moskow. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan