Tolak Kenaikan BBM, Aliansi BEM Seluruh Indonesia Akan Geruduk Istana Negara Hari Ini

JAKARTA – Ribuan massa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) akan menggeruduk Istana Negara di Jakarta, pada hari ini Kamis 15 september 2022.

Massa BEM SI akan menggelar aksi demo menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubdi.

Diungkapkan Koordinator Media Aliansi BEM SI, Luthfi Yufrizal mengatakan, massa peserta aksi akan berkumpul di depan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) sebelum bergerak ke Istana Nagara.

“Jam 11.00 WIB kita kumpul di Perpusnas,” ujar Luthfi, Rabu, (14/9) kemarin.

Jumlah massa mahasiswa peserta aksi diperkirakan akan mencapai 1.000 orang dan datang dari beberapa daerah.

“Estimasi 1.000 massa dari BEM SI,” tuturnya.

Dijelaskannya, 1.000 massa ini terbagi dari beberapa kampus, yaitu aliansi se-Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra Bagian selatan.

“Massa dari kampus di daerah Jabodetabek, Jateng, DIY, dan teman-teman dari Sumatera bagian Selatan,” tandasnya.

Panas Namun Damai

Pada aksi mahasiswa, buruh dan pelajar pada Selasa, 13 September 2022 melakukan aksi demo penolakan kenaikan harga BBM sempat memanas.

Meski demikian aksi massa mahasiswa, buruh dan pelajar berakhir kondusif.

Demo penolakan kenaikan harga BBM pada Selasa, 13 September 2022 berlangsung di sekitar Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

Aksi sempat memanas karena massa pendemo berupaya menjebol barikade kawat berduri dan juga membakar ban.

Awalnya, aksi yang dilakukan adalah pembakaran ban oleh beberapa peserta aksi hingga menimbulkan asap hitam tebal yang mengepul ke udara.

Aksi tersebut dilanjutkan dengan usaha massa untuk membongkar dan merangsek kawat berduri sebagai barikade terdepan yang menutup Jalan Medan Merdeka Barat dengan raket tenis.

Selain itu, massa juga melakukan aksi vandalime dengan mengecat jalanan dengan berbagai tulisan menyikapi penetapan harga bahan bakar minyak (BBM).

Aksi itu diiringi dengan teriakan orator yang intinya menyatakan keberatan atas harga BBM yang baru.

Sebelumnya, sejumlah pelajar STM turut berunjuk rasa menyusul elemen buruh dan mahasiswa menyuarakan aspirasi terkait penyesuaian harga harga BBM bersubsidi.

Para pelajar STM tersebut datang sekitar pukul 16.30 WIB dan bergabung dengan buruh dan mahasiswa yang tengah berunjuk rasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan