Coba Investasi Reksadana di Bibit, Cocok untuk Pemula dan Untung!

Jabarekspres.com – Menabung merupakan hal penting terutama bagi kaum milenial saat ini yang ingin memiliki pendapatan tambahan melalui investasi reksadana dan berikut investasi di aplikasi Bibit yang cocok untuk pemula.

Bibit membuka kesempatan bagi kaum muda untuk mulai menabung lewat investasi reksadana jangka panjang yang pastinya menguntungkan.

Bibit sendiri memiliki tiga jenis reksadana yaitu saham, obligasi dan pasar. Perlu diketahui, reksadana merupakan paket investasi yang dikelola oleh manajer investasi profesional yang berpengalaman di bidang pasar modal.

Reksadana Pasar Uang akan menempatkan investasi kaum muda 100% pada instrument pasar uang, antara lain obligasi yang jatuh tempo kurang dari satu tahun, deposito dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Dengan menjaga periode waktu yang singkat, jenis reksadana satu ini mampu mengurangi resiko dan yang paling aman bila dibandingkan dengan lainnya. Namun keuntungan yang akan di dapat tidak sebesar reksadana lain.

Untuk Reksadana Obligasi, sebagian besar investasi akan di alokasikan pada surat utang (obligasi). Contohnya, jika membeli reksadana jenis ini, sebagian besar dana masyarakat yang terkumpul akan dibelikan surat utang jangka panjang (obligasi) oleh manajer Investasi.

Obligasi yang dibeli oleh manajer investasi itu sendiri akan membagikan coupon (Bunga) secara periodik. Jadi, ketika Manajer Investasi reksa dana menerima pembayaran coupon obligasi, maka harga reksa dana (NAV) akan mengalami kenaikan, sehingga investor pastinya akan mendapatkan keuntungan.

Sementara untuk Reksadana Saham, sebagian besar investasi akan ditempatkan pada efek saham. Umumnya dana investasi dialokasikan minimal 80% di saham, maksimal 20% surat utang, dan maksimal 20% pasar uang.

Karena alokasi dana ke saham lebih besar dari instrumen lain, maka reksa dana saham ini relatif lebih berisiko dari pada jenis reksa dana lainnya walaupun dalam segi keuntungan lebih tinggi.

Bagaimana cara untuk memulai investasi reksadana menggunakan Bibit? Simak berikut ini!

  1. Buka aplikasi Bibit.
  2. Klik
  3. Masukkan nomor handphone yang aktif kamu gunakan di kolom yang tersedia. Setelah klik Lanjutkan, kamu akan memperoleh SMS yang berisi kode verifikasi. Input kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia, lalu Klik Lanjutkan.
  4. Klik Mulaidan jawab 6 kuesioner singkat dari Bibit. Setelah menjawab 6 pertanyaan, kamu akan mengetahui profil risiko kamu.
  5. Untuk melanjutkan ke registrasi. Klik Lanjut Registrasi.
  6. Kamu akan masuk ke halaman Registrasi. Isi kolom yang ada sesuai dengan data diri kamu. Klik Lanjutkan.
  7. Persiapkan KTP kamu untuk ambil foto KTP. Klik Foto dari Kameraatau Ambil dari Gallery untuk lanjut.
  8. Pastikan foto KTP terlihat jelas dan dapat terbaca. Klik Lanjutkanuntuk ke tahap selanjutnya.
  9. Lanjutkan ke proses Foto Selfie dengan KTP. Klik Foto dari Kameraatau Ambil dari Gallery untuk lanjut.
  10. Klik Lanjutkan untuk mengunggah foto dan masuk ke tahap selanjutnya.
  11. Cek NIK, Nama Lengkap sesuai KTP dan Tanggal Lahir kamu. Klik Berikutnya.
  12. Cantumkan tanda tangan digital. Tanda tangan di Bibit dilakukan secara digital, silakan tanda tangan pada kotak yang tersedia seperti gambar di atas. Klik Hapus jika tanda tangan yang kamu lakukan belum sesuai dengan E-KTP, lalu ulangi tanda tangan, jika sudah sesuai klik Daftar Sekarang.
  13. Cantumkan tanda tangan digital. Tanda tangan di Bibit dilakukan secara digital, silakan tanda tangan pada kotak yang tersedia seperti gambar di atas.
  14. Set PIN kamu, kemudian input lagi di halaman Konfirmasi Pin.
  15. ika kamu memilih Belum Punya Rekening Bank, lanjutkan proses Aktivasi akun Bank Jago untuk menyelesaikan registrasi Bibit kamu.
  16. Selamat pengisian data kamu sudah selesai dan registrasi kamu sedang kami proses. Kamu juga bisa memasukkan Kode Referral (jika ada) untuk mendapatkan cashback dari Bibit. Klik Selesaiuntuk kembali ke beranda.
  17. Kamu masuk ke tahap Verifikasi. Silakan buka email kamu, lalu klik Verifikasi Email.
  18. Data kamu akan di verifikasi oleh tim Bibit dan KSEI, proses registrasi kamu akan selesai maksimal 1×24 jam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan