Dua Cara Memulihkan File Microsoft Office yang Lupa Disimpan

Cara Memulihkan File Microsoft Office yang Lupa Disimpan – Lupa menyimpan file Microsoft Word atau Excel, lalu tiba-tiba laptop atau komputer tiba-tiba mati adalah hal yang membuat kita panik tak karuan. Apalagi jika itu adalah file penting.

Ketika kembali menyalakan laptop, kita sering mendapati semua pekerjaan atau pun tugas tidak lagi meninggalkan jejak.

Tapi, tahukah kalian? Kehilangan dokumen yang belum sempat kita simpan bukanlah akhir segalanya.

Ternyata ada cara mudah untuk memulihkan file microsoft word yang lupa disimpan dengan menggunakan alat pemulihan yang ada di dalam aplikasi Office yang kalian gunakan.

Saat kita mengerjakan dokumen di Word, Excel, atau aplikasi Office lainnya, file tidak hanya dicadangkan ketika menekan tombol “Simpan”. Ada juga fitur auto-save yang dapat secara otomatis menyimpan dokumen dalam rentang waktu 5 atau 10 menit sekali.

BACA JUGA : Tahu Gak Sih? 4 Fitur Unik Smartphone Ini Jarang Kamu Sadari

Microsoft Office juga memiliki data untuk mencadangkan file tersebut yang disimpan ke folder roamingnya di folder AppData akun pengguna. Folder yang biasanya tidak terlihat oleh sebagian besar orang ini akan menyimpan data dari berbagai aplikasi Windows untuk akun pengguna yang kalian pakai.

Dalam kebanyakan kasus, dokumen Office yang belum disimpan yang baru saja ditutup dapat ditemukan di sini.

BACA JUGA : Ada 4 Mitos Android yang Perlu Kamu Tahu Kebenarannya

Dilansir Lifehacker, ada dua metode utama untuk menemukannya. Pertama, kalian bisa langsung membuka folder roaming yang berisi dokumen yang hilang.

Caranya, buka aplikasi yang awalnya kalian tutup, klik tab “File” di kiri atas, lalu pilih “Info.” Sekarang, klik “Kelola Dokumen (Manage Document)”, lalu pilih “Pulihkan Dokumen yang Tidak Disimpan (Recover Unsaved Document)”.

Berikutnya, pilihlah file yang tidak sengaja ditutup tanpa disimpan, lalu klik “Simpan Sebagai (Save As)” untuk memastikan kalian tidak kehilangannya lagi.

Jika kalian ingin merasa sedikit “berteknologi”, ada metode yang lebih canggih yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang sama.

Tekan Windows + R untuk membuka jendela “Jalankan (Run)”. Kemudian, ketik %appdata% dan jalankan untuk membuka folder roaming.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan