Niat Puasa Senin Kamis dan Keutamaannya

Dikutip dalam buku ‘Sunah-sunah Kecil Berpahala Besar’ oleh Muhammad Safrodin, puasa Senin-Kamis dapat membantu menjaga kesehatan manusia.

Anjuran untuk berpuasa Senin dan Kamis juga dalam hadits, dari Aisyah RA, beliau mengatakan:

“Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada Senin dan Kamis.” (HR An-Nasa’i).

2. Waktu Dihadapkannya Amalan pada Allah SWT

Nabi Muhammad SAW memberikan contoh berpuasa Senin Kamis pada umatnya. Alasannya salah satunya karena hari Senin dan Kamis amal-amal para hamba akan dilaporkan dan diperiksa oleh Allah.

Hal ini diterangkan dalam hadits Usamah bin Zaid yang berkata,

“Aku berkata (kepada Rasulullah SAW), ‘Wahai Rasulullah, engkau telah berpuasa sampai-sampai dikira tak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya.’ Nabi SAW bertanya ‘Apa dua hari tersebut?’ Usamah menjawab, ‘Senin dan Kamis’.

Lalu, beliau bersabda, ‘Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan kepada Tuhan semesta alam (kepada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sementara aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An-Nasa’i dan Ahmad).

Beberapa ulama dalam ceramahnya juga pernah menyebut bahwa, ketika kita pernah meninggalkan puasa wajib, maka kita harus membayarnya dengan memperbanyak puasa sunah, diantaranya dengan puasa senin kamis.

Demikian bacaan niat puasa Senin Kamis dan doa berbukanya, semoga kita bisa rutin mengerjakan puasa sunah Senin dan Kamis seperti yang diajarkan Rasulullah SAW, ya.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan