5 Kota dengan Jumlah Warga Positif HIV Terbanyak di Indonesia, Bandung Urutan ke Berapa?

JABAREKSPRES – Bertambahnya jumlah kasus positif HIV di Kota Bandung tengah menjadi sorotan publik setelah data dibuka oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung.

KPA menuturkan, jumlah baru data pengidap human immunodeficiency virus (HIV) itu muncul setelah 12.358 orang mengakses layanan kesehatan terkait HIV/AIDS di Kota Bandung hingga Desember 2021.

5.943  pengakses di antaranya adalah warga Kota Bandung. Dari jumlah tersebut, 6,97 persen atau 414 orang yang dinyatakan positif HIV berstatus mahasiswa.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Ira Dewi Jani menjelaskan bahwa jumlah tersebut merupakan data akumulasi selama 30 tahun.

“Itu kan data yang kami kumpulkan mulai dari tahun 1991 sampai Desember 2021,” kata Ira sdilansir dari Kompas.com.

Namun ternyata, Bandung bukan kota yang memiliki jumlah warga dengan positif HIV terbanyak. Tahukah kamu kota mana saja yang memiliki jumlah pengidap HIV terbanyak di Indonesia?

BACA JUGA : Ratusan Mahasiswa Bandung Terinfeksi HIV, Waspada! Gejala Awal Mirip Flu

Jabar Ekspres telah merangkum dari berbagai sumber, 5 Kota dengan jumlah pengidap HIV terbanyak di Indonesia sebagai berikut:

1. DKI Jakarta

Sebagai Ibu kota dan pusat bisnis nasional, tentunya Jakarta tidak lekang dengan hiruk pikuknya aktivitas bisnis dan hiburan.

Dikutip dari laman Bisnis.com pada (26/4/2022), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat sebanyak 72.638 orang menderita HIV-AIDS atau masuk dalam kategori orang dengan HIV-AIDS (ODHA) hingga Desember 2021.

Sementara itu, untuk pengidap human immunodeficiency virus (HIV) tanpa AIDS pada periode yang sama tercatat sebanyak 64.916 orang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan dari total seluruh penderita HIV-AIDS di Ibu Kota yang sudah tercatat adalah sebanyak 28.629 orang yang masih dalam perawatan.

Parahnya, 60 persen penderita tuberkulosis di DKI merupakan pengidap HIV.

2. Makassar

Kota Makassar ternyata mencatat jumlah pertambahan kasus positif HIV yang cukup mencengangkan.

Dikutip dari laman IDNTIMES pada (21/8/2022), jumlah pengidap HIV/AIDS di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sejak tahun 2005 hingga 2022, mencapai kurang lebih 26.000 kasus. Kasus terbanyak tercatat berada di Makassar dengan jumlah mencapai sekitar 15.000 kasus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan