Doa Agar Diberikan Ketenangan dan Tidak Gelisah dalam Menghadapi Masalah

JABAREKSPRES.COM – Saat menemui suatu masalah dan mengalami banyak ujian, seseorang cenderung sedih dan merasa gelisah. Padahal ada doa yang bisa mengatasi rasa gelisah dan memberikan ketenangan.

Doa-doa ini akan membawa kita menjadi lebih ikhlas dengan ketentuan atau ketetapan dari Allah. Dengan keikhlasan, maka semua masalah dan ujian akan dikembalikan pada Allah.

Setelah bisa ikhlas, maka tidak akan ada lagi permasalahan yang berat, atau ujian yang tidak bisa dihadapi. Disitulah letak ketenangan dan perasaan tentram akan menyejukkan hati kita.

Di agama Islam, terdapat beberapa doa yang ampuh untuk menenangkan hati yang sedang sedih, gelisah maupun tidak tenang. Dan sangat disarankan bagi seluruh umat Muslim yang sedang mengalami perasaan tersebut untuk memanjatkan doa yang dapat menyejukkan hati.

Dilansir dari Muslimdaily, ada 5 doa yang ampuh untuk membuat hati sejuk dan tenang ketika mengalami perasaan sedih, gelisah maupun tidak tenang.

1. Q.S Al-Baqarah Ayat 250

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

“Rabbanaa afrig ‘alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa ‘alal qaumil kafiriin.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

2. Q.S Ali ‘Imran Ayat 139

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْ

“Wa lā tahinụ wa lā taḥzanụ wa antumul-a’launa ing kuntum mu`minīn.”

Artinya: Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

3. Q.S Al-Insyirah Ayat 6

اِنَّمَعَالْعُسْرِيُسْرًاۗ

“Inna ma’al usri yusra,”

Artinya:”Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.”

4. Doa Penenang Hati dari Hadis Imam Thabrani

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ قَالَ لِرَجُلٍ قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً ، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ , وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

“Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

5. Doa Membuat Hati Tenang dari Pikiran Negatif (Sahih Bukhari).

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

“Allahumma inni a’uzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan