Gerak Literasi, TBM Berbasis Edutainment Muncul di Desa Sukahaji

Editor: Reporter: Muhammad Nizar

Bersamaan, Pengurus Forum TBM Subang, Tamara Setiyani menyampaikan, proses pembangunan TBM ini, merupakan hasil inisiatif Patriot Desa Sukahaji. Mereka telah bekerjasama secara pentahelix berbagai lembaga.

Dia mengungkapkan, mengingat untuk mengadakan kegiatan literasi rutin memerlukan fasilitas buku bacaan yang memadai. Patriot Desa Sukahaji pun dibantu penggerak lokal literasi desa, ialah Ersih.

“Ibu Ersih selalu mengadakan kegiatan membaca setiap hari di halaman rumahnya. Bersama anak usia 5-12 tahun yang berkumpul dari 5 dusun di Desa Sukahaji,” ungkap Aya saat dikonfirmasi Jabar Ekspres, Rabu (17/8).

Selain itu, Ersih selama dalam proses pembangunan TBM, sekaligus mengikuti peningkatan kapasitas dan pendampingan dari Patriot Desa Sukahaji.

“Dilakukan agar penggerak lokal literasi di Desa Sukahaji mampu secara mandiri, melakukan pengembangan dalam mengelola TBM dengan jangka panjang,” ucapnya.

Adapun upaya untuk pengembangan yang didorong Patriot Desa Sukahaji, yakni pemberian saran dan masukan terkait kegiatan literasi yang berjalan harian, mingguan, dan bulanan.

Kegiatan TBM Edutainment tersebut, diantaranya seperti membaca buku dalam waktu 30 menit sehari. Lalu rutinitas mingguan yang dilaksanakan penggerak lokal yakni, menonton film bersama.

“Atau bedah film edukasi animasi dengan bertemakan film cinta lingkungan dan film motivasi belajar,” katanya.

“Lalu dengan kegiatan bulanan yang dilakukan, mengundang FTBM Kabupaten Subang dengan kegiatan mendongeng dan sulap,” pungkasnya.*** (zar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *