Bahaya Konsumsi Obat Usai Ngopi

JABAREKSPRES.COM – Mengonsumsi obat ternyata tidak bisa sembarangan, apa yang kita konsumsi sebelum minum obat juga harus kita perhatikan karena bisa bahaya.

Ada beberapa makanan atau minuman yang tidak boleh dikonsumsi sebelum minum obat, salah satunya Kopi.

Konsumsi obat setelah minum kopi atau ngopi sangat tidak dianjurkan, karena kopi mengandung kafein.

Kafein bisa menjadi berbahaya bila bercampur dengan zat kimia dalam obat, karena bisa memicu interaksi obat.

Berikut bahaya yang akan timbul bila memaksakan meminum kopi lalu mengkonsumsi obat. dilansir dari alodokter.

1. Meningkatkan kadar kafein dalam darah

Konsumsi obat tertentu setelah minum kopi dapat mengganggu proses pemecahan kafein di hati. Akibatnya, kafein tidak terpecah dengan sempurna dan menumpuk di dalam darah.

Kadar kafein yang berlebih di dalam darah dapat menimbulkan efek berupa rasa cemas, tekanan darah meningkat, agitasi, dan jantung berdebar. Salah satu jenis obat yang dapat mengganggu pemecahan kafein adalah pil KB.

2. Meningkatkan risiko terjadinya efek samping obat

Kafein bersifat stimulan yang dapat merangsang kerja sistem saraf. Hal ini bisa berdampak buruk bila dikombinasikan dengan obat yang juga bersifat stimulan, seperti teofilin atau pseudoefedrin.

3.Menghambat kerja obat

Kafein juga terbukti dapat menghambat kerja beberapa jenis obat, seperti pentobarbital dan obat antidepresan, misalnya amitriptyline dan imipramine.

Hal ini karena adanya efek stimulan pada kafein yang dapat menghambat kerja obat dalam menimbulkan rasa kantuk.

Melihat berbagai dampak yang dapat ditimbulkan, alangkah baiknya bila Anda menghindari konsumsi obat apa pun setelah minum kopi.

Jika Anda terlanjur minum kopi dan ingin mengonsumsi obat, setidaknya tunggu sekitar 2 jam guna mengurangi risiko terjadinya interaksi antara kafein dan obat. Dengan begitu, efek samping yang tak diinginkan bisa terhindarkan.

Namun kopi memiliki segudang manfaat, jika diminum dengan waktu yang tepat.

Manfaat Mengonsumsi Kopi Hitam

Telah banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat kopi hitam bagi kesehatan. Berikut ini adalah beragam manfaat kopi hitam yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah depresi

Tinggalkan Balasan