Gak Perlu Panik! Berikut Tips Mengatasi Kecemasan

Jabarekspres.com – Hidup memang tak selalu berjalan mulus. Terkadang sulit untuk mengatasi kecemasan di saat permasalah yang timbul, karena sulit di kontrol.

Wajar jika kita merasa khawatir atau cemas akan masalah hidup yang menerpa. Namun, terlalu khawatir hingga menimbulkan depresi juga bukan hal yang bagus untuk diri kita sendiri.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kekhawatiran yang berlebihan dalam hidup? Dilansir dari Reader’s Diggest, berikut beberapa cara mengatasi kecemasan.

Baca Juga: 5 kota Termacet di Dunia, London Jadi Yang Pertama

Kenali gejalanya

Kecemasan sangat memiliki tanda-tanda seperti tangan yang dingin, tegang, rasa sakit perut dan dada, atau nafas yang berat. Semua itu merupakan cara mendeteksi bahwa diri kita mulai cemas. Setelah kita melihat tanda pertama kecemasan, segera tarik napas dalam-dalam lalu lakukan sesuatu yang membuat kita merasa tenang.

Lakukan Yoga

Riset telah membuktikan olahraga dapat menjadi solusi untuk mengatasi kecemasan dan depresi. Sebagai alternatif, cobalah untuk mempraktikan yoga. Kita bisa melakukan secara pribadi di rumah. Yoga meningkatkan “jendela toleransi” dan membangun keterampilan manajemen stress.

Mencintai Diri Sendiri

Kecemasan adalah masalah nyata. Orang yang memiliki kecemasan seringkali mengalami rasa malu. Entah karena orang lain atau diri sendiri. Menyalahkan diri sendiri dan merasa malu karena kecemasan yang dialami hanya memperburuk masalah. Sebaiknya kita memperkuat diri sendiri dan fokus pada pikiran positif.

Berhenti menunda

Sebagian besar kecemasan berasal dari kebiasaaan menunda. Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai menghilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan ini. Banyak peneliti menunjukan orang sering mengatasi kecemasan dengan penundaan, namun hal itu justru membuat kita semakin cemas. Oleh karena itu tidak ada acara lain selain mengerjakan apa yang harus kita selesaikan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Aneh Penulis Populer

Kecemasan biasanya timbul dari pikiran yang berlebih. Biasanya sih faktor di luar kendali kita. Jadi yuk mulai sekarang lebih fokus dengan pikiran positif pada diri sendiri. Itulah tips cara mengatasi kecemasan, semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan