Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 17 Agustus Singkat untuk Menumbuhkan Rasa Persatuan

Jabarekspres.com- Bagi Anda yang sedang mencari contoh teks pidato kemerdekaan singkat untuk dibawakan saat HUT RI pada tanggal 17 Agustus 2022. Berikut adalah contohnya.

Biasanya dalam acara peringatan HUT RI, terdapat suatu acara entah itu lomba, upacara, atau kegiatan-kegiatan lainnya.

Dalam acara peringatan HUT RI juga tak lupa selalu ada pidato kemerdekaan, khususnya pada upacara penaikan bendera.

Untuk Anda yang ditugaskan membawakan pidato kemerdekaan saat 17 Agustus nanti, di bawah ini adalah contoh teks pidato kemerdekaan 17 Agustus singkat.

Contoh Pidato 1

Assalamualaikum wr. wb.

Pertama-tama puji dan syukur mari kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, karena karunia-Nya lah kita dapat berkumpul di tempat yang insya allah di berkahi.

Sholawat serta salam tak lupa kita panjatkan kepaada Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya, keluarganya, dan semoga sampai kepada kita selaku umatnya.

Dalam pidato kali ini, saya akan berpidato dengan tema bersatunya NKRI.

Apakah kalian tahu kenapa kita harus bersatu demi menciptakan Indonesia yang utuh? Apasih yang kalian tahu dengan adanya rasa kesatuan? Dan apa dampaknya bagi kehidupan kita? Di sini saya akan menjelaskan betapa pentingnya rasa kesatuan dan toleransi antar sesama.

 

Pertama, karena Indonesia punya banyak keragaman suku, ras, budaya, agama, etnis, dan golongan; kadang titik-titik ini dijadikan suatu masalah. Padahal seharusnya perbedaan ini menjadikan kita pribadi yang saling toleran dan saling menerima.

 

Kedua, seharusnya kita bersyukur kepada tuhan yang maha esa karena bisa mengenal budaya, suku, ras, agama, dan golongan baru. bukannya saling menindas apalagi saling menyakiti satu sama lain.

 

Apa aja sih dampaknya kalau kita saling bersatu untuk mewujudkan Indonesia yang utuh? Tentunya sangat banyak sekali manfaatnya jika kita bersatu. Di semboyan dalam Pancasila pun ditulis agar kita bisa saling memeluk perbedaan dan memegang erat tali persaudaraan antar sesama bangsa lo.

 

Contoh yang bisa kita ambil dalam kehidupan sehari hari adalah jika kita bisa menerima budaya daerah lain. Bukankah senang bisa berteman dengan banyak orang-orang baru dari luar lingkungan kita? Kita dapat belajar banyak hal yang baru! Asik bukan?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan