Cara Paling Efektif dalam Belajar Bahasa Inggris, Cepat Lancar!

Cobalah menerka apa yang mereka katakan. Semakin kamu dapat memahami apa yang mereka bicarakan, itu artinya kemampuan mendengar bahasa Inggris kamu makin bagus.

Nyalakan subtitle

Kalau kamu benar-benar tidak bisa mengikuti pidato Emma Watson itu, kamu bisa menyalakan fitur subtitle untuk menampilkan teks bahasa Inggrisnya.

Ketika ia mengucapkan kalimat, kamu bisa menghentikan video. Mulailah baca teks terjemahan di bawah video. Jika ada kata asing yang kamu temukan, kamu bisa dengan mudah menerjemahkannya dengan cara melihat kamus.

Kemampuan membaca kamu baik jika kamu dapat memahami kata asing yang kamu dapatkan itu dalam susunan kalimat yang ia ucapkan.

Ini dilakukan untuk melatih kemampuan membaca kamu. Tentu saja, kamu juga bisa menerapkan ini ke dalam lagu atau teks berita bahasa Inggris, misalnya.

Ngomong dengan orang lain

Tidak ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk bisa lancar bertutur dalam bahasa Inggris selain, ya ngomong.

Ingat, kamu misalnya sudah menonton idola kesayangan, Scarlett Johansson misal, ketika ia bercakap-cakap di film Avengers. Kemudian ada kata-kata yang membekas dalam kepala dari suatu adegan tertentu.

Omongkan saja itu kepada temanmu atau bahkan kepada kakakmu atau adikmu atau orang tua kamu. Kalau mereka tidak mengerti pun, tidak apa-apa. Ngomong saja sehingga memaksa mereka berkata, “Masih makan tempe aja udah belagu ngomong Inggris,”

Tidak apa-apa. Tidak usah tersinggung. Teruskan. Sebenarnya di sana ada hal yang sangat mengasyikkan. Ini dilakukan agar kemampuan berbicara bahasa Inggris menjadi lancar.

Full English Captions

Kalau kamu orangnya instagramable, tulis caption foto kamu yang kece itu menggunakan bahasa Inggris. Kalau kamu suka berkicau di Twitter, berkicaulah dengan memakai bahasa Inggris. Kalau kamu suka menyinggung mantan di story WhatsApp, singgunglah doi dengan bahasa Inggris.

Tidak apa jika mantanmu itu berpikir bahwa kamu belum move on darinya. Padahal, sebenarnya kamu sedang mengasah kemampuan menulis bahasa Inggris. Dengan begitu, mantanmu itu tidak tahu bahwa kamu sebenarnya sedang berkembang menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan