Simak 5 Tips Ini Agar Scrolling Media Sosial Tidak Bikin Kamu Kesepian

JABAREKSPRES – Scrolling atau melihat-lihat media sosial sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa dilepaskan lagi dari hidup kita. Dilakukan sesudah bangun tidur, saat bosan, atau pun saat sedang menunggu sesuatu, kita kerap kali men-scroll dunia maya.

Namun,tahukah kamu? Penggunaan media sosial yang berlebihan justru bisa meningkatkan rasa kesepian. Simak beberapa tips pencegahannya seperti yang dilansir Psychology Today.

  1. Batasi berapa kali kita memeriksa media sosial

Umumnya kita bisa mengatur durasi untuk memeriksa media sosial. Kamu juga bisa mengatur penggunaan medsos dengan jumlah berapa mengecek akun media sosial dalam sehari.

Misalnya, saat pagi hari hanya boleh mengecek satu kali, siang hari dua kali, dan malam satu kali. Sebagai tambahan, kamu bisa mengatur timer penggunaan aplikasi agar durasi mengecek media sosial juga terukur.

  1. Matikan notifikasi

Salah satu penyebab kita tergoda scrolling media sosial adalah adanya notifikasi. Memang fungsi notifikasi adalah agar kita segera membuka aplikasinya. Apalagi jika notifikasi memiliki bunyi dan selalu keluar dalam bentuk pop up.

Kamu bisa mengatur agar tidak ada notifikasi dari media sosial untuk mengurangi keinginanmu scrolling mendadak. Kalau ada kepentingan pekerjaan atau hal lain, kamu bisa buat jadwal rutin membuka media sosial setiap harinya.

  1. Matikan ponsel

Agar kamu bisa menjalani hari-harimu tanpa terus menatap layar, cobalah untuk menonaktifkan ponselmu di saat-saat tertentu. Misalnya, saat makan. Ada yang terbiasa makan sambil menonton YouTube. Nah, cobalah matikan dulu ponselmu saat makan agar bisa fokus menikmati makanan atau berbincang dengan orang di dekatmu.

  1. Hindari scrolling media sosial saat berhadapan dengan orang

Jika kamu sedang di tengah acara keluarga atau hangcout bersama teman, cobalah untuk hindari scrolling media sosial jika tidak terlalu dibutuhkan.

Tetap fokus terlibat dalam perbincangan. Kalau memungkinkan kamu bisa mengajak orang lain buat meletakkan ponsel di tengah meja agar tidak tergoda untuk memainkan ponsel.

  1. Tambah aktivitas offline

Berada di dunia maya memang seru, tetapi aktivitas offline juga tidak boleh terlupakan. Agar tidak menghabiskan banyak waktu scrolling medsos, cobalah mencari kegiatan offline. Entah itu sekadar berjalan-jalan keliling kompleks, naik sepeda, atau melakukan hobi apa pun.

Tinggalkan Balasan