Teks Khutbah Jumat Hari Ini: Puasa Asyura dan Santuni Yatim

Jabarekspres.com – Pada Khutbah Jumat hari ini, mengajak khalayak untuk mengisi hari Asyura dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Diharapkan, kita semua dapat memaksimalkan hari Asyura dengan perbanyak ibadah.

Perlu diketahui, Allah SWT memerintahkan kita untuk meningkatkan kepatuhan kita dalam menaati aturan syariat yang telah di buat-Nya, yakni dengan melaksanakan segala perintah wajib dan senantiasa berupaya menghindari sesuatu yang dilarang-Nya. Itu merupakan bentuk takwa kita kepada-Nya.

BACA JUGA: Khutbah Jumat Singkat 2022, Tentang Hari Asyura Terbaru

Maka, untuk meningkatkan ketakwaan itu, kita perlu untuk mengisi hari-hari kita untuk beribadah. Apalagi saat ini kita memasuki bulan Muharram, bulan yang di muliakan Allah SWT. Dalam bulan Muharram ini memang istimewa karena terdapat hari Asyura di hari kesepuluh bulan tersebut.

Pada hari Asyura tersebut, umat Islam disunnahkan untuk berpuasa. Tingkatan dari bulan Muharram ini hanya satu level di bawah puasa di bulan Ramadhan. Hal tersebut menunjukkan arti bahwa puasa di bulan Muharram ini sangat dianjurkan.

BACA JUGA: Teks Khutbah Jumat Menyambut Hari Kemerdekaan, HUT RI Ke-77, Membuat Jamaah Cinta Negara

Dalam Kitab Al-Minhaj fi Syarhi Shahih Muslim bin al-Hajjaj, Syekh Syarafuddin An-Nawawi menerangkan, bahwa para ulama juga bersepakat akan kesunnahan puasa di hari Asyura.

Akan lebih baik dan sempurna jika puasa pada hari kesepuluh bulan Muharram ini pun diikuti dengan puasa pada dua hari yang mengiringinya, yakni pada 9 dan 11 Muharram.

Meskipun Nabi Muhammad SAW tidak menjalankan puasa ini, namun dalam hadistnya, beliau pernah menyampaikan keinginannya untuk melaksanakan puasa di tanggal tersebut. Puasa dalam kedua hari ini juga menjadi pembeda dengan kaum Yahudi yang sama-sama berpuasa di 10 Muharram.

BACA JUGA: Teks Khutbah Jumat Bulan Muharram Terbaru 2022, Mengenai Puasa Muharram

Selain berpuasa, di hari Asyura pun kita dianjurkan untuk menyantuni anak yatim. Anak-anak yatim di sekitar kita harus menjadi prioritas untuk kita santuni. Sebab mereka adalah orang yang dekat dengan kita.

Berbagi dengan mereka memberi kita dua keuntungan, pertama berbagi kemanfaatan dan menjaga silaturahmi. Oleh karena itu, mari perbanyak beribadah kepada Allah SWT terutama ketika menjelang hari Asyura ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan