Cara Menghemat Listrik Rumah agar Hemat Tagihan Bulanan

Jabarekspres.com – Menghemat listrik sangat penting kamu lakukan. Selain menghemat pasokan energi, menghemat listrik juga akan membuat tagihan listrik bulanan kamu jadi ramah, loh.

Hari ini, kita semua dituntut untuk bisa melakukan berbagai hal dengan sangat efektif dan maksimal. Pun, tidak seharusnya kita membuang hal-hal bermanfaat secara sia-sia. Begitu juga dengan listrik.

Oleh karena, menghemat listrik memberikan dampak positif yang sangat besar bagi kita yang dalam kehidupan sehari mempunyai penghasilan seadanya. Pasalnya, kita tidak akan mendapatkan tagihan listrik bulanan yang melonjak.

Hal tersebut tentu sangat merugikan jika tagihan listrik bulanan yang tinggi itu tidak menghasilkan hal yang bermanfaat.

Oleh karena itu, Jabar Ekspres akan memberikan tips bagaimana cara menghemat listrik rumah:

  1. Cabut Perangkat Elektronik atau Charger yang Tidak Digunakan

Ini tampak sepele. Tapi, bagaimana juga hal ini berpengaruh pada aliran listrik, loh. Jadi, jika kamu sudah tidak menggunakan charger gawai, ,misal, segera cabut charger itu. Jangan biarkan ia menyambung dengan kontak-kontak listrik. Sebab, ia tetap menyedot arus listrik, kendati tidak dipakai.

  1. Gunakan Lampu LED

Meski lampu LED itu mempunyai harga yang cukup mahal, namun ia merupakan lampu yang berkualitas dari segi penyerapan arus listrik, di samping dari segi penerangan. Menggunakan lampu LED 7 watt setara dengan menggunakan lampu bohlam 60 watt. Ini artinya adalah bahwa lampu LED lebih hemat daripada lampu bohlam.

  1. Matikan Lampu yang Tidak Perlu Dinyalakan

Ini adalah soal efektivitas penggunaan. Jika kamu menyalakan lampu yang sebenarnya tidak perlu dinyalakan, maka itu artinya kamu sedang membuang listrik secara sia-sia. Padahal, nyala lampu yang tidak perlu tetap akan menyedot arus listrik. Jadi, energi terbuang percuma. Tentu saja, hal tersebut juga akan berdampak pada tagihan bulanan. Jadi, mulailah menggunakan nyala lampu sesuai kebutuhan, sesuai yang diperlukan saja.

  1. Membangun Kesadaran Hemat Energi

Jangan lupakan bahwa penggunaan listrik rumah kita itu bersumber dari penggunaan energi batu bara. Suka atau tidak, batu bara adalah suatu energi yang bisa habis. Cepat atau lambat. Dengan begitu, penting untuk membangun kesadaran penggunaan hemat listrik sedari rumah kita.

Tinggalkan Balasan