Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus, Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air!

Jabarekspres.com- Biasanya pada saat tepat tanggal 17 Agustus 2022, masyarakat akan melakukan upacara bendera. Entah itu di sekolah atau dilingkungan sekitar seperti kelurahan atau tingkat RW. Dalam upacara biasanya diisi juga pidato kemerdekaan 17 Agustus.

Untuk di lingkungan sekolah, biasanya pembina upacara yang akan memberikan pidato kemerdekaan atau amanat upacara adalah kepala sekolah atau guru yang ditunjuk.

Untuk dilingkungan masyrakat biasanya pidato kemerdekaan akan dibawakan oleh Kepala Desa, Lurah, Camat, atau Ketua RT/RW.

Bagi Anda yang ditugaskan untuk menjadi pembina upacara, dan sedang mencari contoh pidato kemerdekaan, di bawah ini merupakan contoh pidato kemerdekaan 17 Agustus.

 

 

Assalamualaikum wr. wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Kelurahan ….

Yang terhormat Bapak Ketua RW ….

Yang terhormat Bapak Ketua RT ….

Yang saya kormati rekan-rekan panitia dan pemuda karang taruna

Serta hadirin bapak dan ibu sekalian yang kami banggakan

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

 

Pertama-tama ayo kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya, pada hari ini kita bisa hadir dalam rangka ikut serta memeriahkan acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun tanpa kekurangan suatu apapun.

 

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan kita ini kami berharap, semoga kita bisa lebih meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa dan negara, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta selalu menghargai perbedaan satu sama lain.

 

Perkenalkan saya di sini selaku ketua panitia, berharap para hadirin, bapak dan ibu yang hadir di acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun pada pagi/siang/malam hari ini dapat mengikuti setiap acara dengan baik sehingga pelaksaannya dapat berjalan dengan lancar.

 

Hadirin sekalian yang berbahagia,

 

Semasa sekolah kita belajar tentang semangat dan perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Para pahlawan begitu hebat, mereka bersatu dan berhasil mengusir penjajah di negara kita. Lewat berbagai macam perjanjian dan pengakuan dari negara lain akhirnya negara kita diakui sebagai bangsa yang merdeka dan bebas dari belenggu para penjajah.

Tinggalkan Balasan