Lima Buah Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

JabarEkspres.com – Membiarkan tekanan darah tinggi begitu saja memiliki dampak tidak baik bagi kesehatan.

Percaya atau tidak, hipertensi itu tak pandang bulu. Ia bisa menimpa semua kalangan. Perlu diketahui bahwa hipertensi itu disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah oleh makanan-makanan instan dan terlalu berlebihan garam.

Di samping mengonsumsi obat-obatan tertentu, berikut merupakan cara alamiah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan hipertensi, menurut keterangan dari Genpi.co, dan dilansir oleh JPNN.com.

  1. Buah beri

Cara alamiah menurunkan hipertensi adalah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan. Buah beri, salah satunya.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 34.000 penderita hipertensi menunjukkan, rutin mengonsumsi bluberi atau stroberi mampu menurunkan tekanan darah hingga delapan persen.

Antosianin, salah satu jenis antioksidan dalam buah beri yang mendatangkan efek tersebut.

Supaya manfaat itu bisa dirasakan, cobalah untuk mengonsumsi buah beri secara teratur.

Anda bisa mengolahnya jadi smoothie, salad, atau memakannya dengan oatmeal.

  1. Pisang

Pisang adalah jenis buah sehat pertama yang bisa dikonsumsi penderita hipertensi secara teratur.

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 mg kalium. Kandungan itulah yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Meski mudah dicari dan dikonsumsi, bukan berarti Anda bisa bebas mengonsumsi pisang.

Khususnya, bagi yang menderita penyakit ginjal. Usahakan untuk membicarakannya dulu ke dokter untuk menghindari efek samping.

  1. Semangka

Semangka termasuk buah-buahan untuk tekanan darah tinggi yang bisa menjadi pilihan Anda.

Asam amino yang terkandung dalam semangka mampu membantu tubuh memproduksi oksida nitrat.

Dengan begitu, pembuluh darah menjadi lebih santai sehingga aliran darah menjadi lancar.

  1. Kiwi

Buah-buahan untuk tekanan darah tinggi adalah kiwi. Penggemar kiwi patut berbahagia karena buah ini termasuk dalam daftar buah-buahan untuk hipertensi.

Menurut sebuah penelitian, makan tiga kiwi per hari selama delapan minggu efektif mengontrol tekanan darah. Alasannya, kiwi mengandung banyak vitamin C.

  1. Delima

Semangka termasuk buah-buahan untuk hipertensi yang bisa menjadi pilihan lainnya.

Asam amino yang terkandung dalam semangka mampu membantu tubuh memproduksi oksida nitrat. Apakah Anda suka makan buah delima? Ternyata, jenis buah itu cocok dijadikan obat hipertensi. Minum segelas jus delima selama 28 hari mampu menurunkan tekanan darah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan