Orangtua Wajib Lakukan 7 Cara ini Demi Menjaga Kesehatan Mental Anak

Jabarekspres.com – sekarang ini pertumbuhan yang sehat tidak hanya ditandai perubahan secara fisik pada anak namun juga disertai dengan perkembangan kesehatan mental. Baik mental atau fisik sangat diperlukan anak dalam menjalani kehidupan remaja hingga dewasa. Oleh karena itu, 7 cara ini perlu diperhatikan orang tua dalam mengasuh anak supaya kesehatan mentalnya terjaga :

1. Membangun kepecayan diri anak

Cara pertama ini berupaya agar anak terdorong untuk mempelajari dan terus mencoba hal baru. Contohnya seperti

  1. Memberikan pujian saat mereka memulai belajar hal baru.
  2. Mengajari sikap jujur  Ketika melakukan kesalahan, ajari anak menerima kesalahan dan kegagalan
  3. menghindari ucapan, sikap, dan perilaku yang membuat anak berhenti mencoba

2. Berikan waktu mereka bermain

Untuk anak-anak, bermain adalah hal yang diperlukan untuk bersenang-senang, padahal sesungguhnya waktu bermain adalah hal penting untuk belajar berbagai hal. Ketika bermain, anak berproses untuk menjadi lebih kreatif, serta mempelajari bagaimana memecahkan suatu masalah, serta mempelajari bagaimana cara mengendalikan diri.

3. Mendorong anak untuk bersosialisasi

Selain bermain dengan orang tua, anak juga memerlukan bersosialisasi dengan anak seusianya. Salah satunya bermain dengan teman seusianya. Bersosialisasi akan membuat anak belajar untuk bisa hidup berdampingan dengan orang lain. Cara ini dapat dilakukan dengan membawa anak pergi ke tempat rekreasi, bersekolah, ataupun mengikuti ruang belajar yang membuat anak bisa berinteraksi dengan teman seusianya

4. Memberikan Anak Kasih Sayang Tanpa Syarat

Rasa cinta, rasa aman dan perasaan diterima harus menjadi inti kehidupan keluarga. Anak-anak perlu tahu bahwa cinta orangtuanya tidak bergantung pada apa saja yang sudah berhasil dicapai. Kesalahan-kesalahan harus bisa diterima. Sebab, rasa yakin akan tumbuh di dalam rumah yang penuh dengan cinta dan kasih sayang tanpa syarat.

5. Memberikan bimbingan dan disiplin yang tepat

Sebagai anggota keluarga, anak memerlukan untuk mempelajari aturan yang dibuat dirumah dalam keluarga supaya anak bisa lebih disiplin. Pastikan Ibu dan ayah memberikan bimbingan disiplin yang konsisten dan adil. Nantinya, pembelajaran ini akan membawa anak pada keterampilan sosial dan aturan perilaku ini akhirnya akan menjadi kebiasaan di sekolah ataupun di tempat kerja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan