Jangan Buang Air Bekas Cucian Beras, Ternyata Berkhasiat untuk Kecantikan, Begini Caranya

JABAREKSPRES.COM – Setiap kali mencuci beras, air bekas cucian beras selama ini selalu kita buang, karena beranggapan air tersebut kotor dan tak berguna. Ternyata air beras memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan kulit tubuh, wajah dan rambut.

Manfaat tersebut dapat dilihat dari kandungn yang ada dalam air cucian beras, yakni mengandung berbagai nutrisi seperti Vitamin B1, Vitamin E, Vitamin C serta nutrisi lainnya.

Dengan pemakaian secara rutin, air cucian beras ini bisa menjadi alternatif bagi perawatan kulit dan wajah. Dibandingkan membeli skincare dengan harga mahal dan banyak bahan kimia. Air beras tentu lebih alami dan sehat karena tanpa bahan kimia dan relatif murah.

Yang lebih menarik lagi, efek dari khasiatnya dapat dirasakan langsung setelah pemakaian. Dilansir dari berbagai sumber, berikut khasiat air beras;

1. Membersihkan Wajah

Manfaat air beras untuk wajah yang pertama adalah dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Untuk penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan bola kapas yang celupkan ke dalam air cucian beras, lalu pijat ke permukaan wajah dengan gerakan memutar.

Biarkan hingga air beras mengering, lalu bilas wajah Anda hingga bersih.

2. Menyamarkan bercak atau noda pada kulit

Jika anda memiliki noda atau bercak putih atau hitam pada kulit yang disebabkan karena efek penuaan atau pigmen atau sengatan sinar matahari. Anda dapat menyamarkannya dengan rutin menggunakan air beras. Cukup oleskan air beras dan tunggu hingga kering lalu bilas.

3. Menyehatkan rambut

Beras mengandung inositol, yaitu karbohidrat yang dapat membuat elastisitas rambut semakin baik. Penggunan air beras bisa menjadikan rambut tidak mengembang dan tidak mudah patah saat bergesekan.

Air beras juga memiliki manfaat untuk rambut seperti mengurangi rambut rontok, mengatasi rambut mengembang, bantu merawat rambut bercabang dan mengurangi kusut pada rambut kriting

4. Mengatasi Minyak Berlebih

Air cucian beras juga dapat digunakan untuk mengatasi minyak berlebih. Untuk penggunaannya pun cukup mudah, Anda dapat membuat masker wajah dengan menggunakan air beras. Gunakan masker wajah air beras ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga minyak di wajah Anda dapat berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.