Masih Viral Citayam Fashion Week, Apakah di Negara Lain Ada?

Selain Jepang, street fashion show juga berkembang di China. Berbeda dengan Citayam Fashion Week, China Fashion Street atau Chinese Street Style menampilkan pejalan kaki dengan gaya busana bak model papan atas di Beijing dan Chengdu.

Mereka menggunakan outfit, mulai dari baju, celana, hingga aksesori, dari merek terkenal dan mewah seraya berjalan kaki di kota tersebut. Street style juga sempat dipamerkan sejumlah influencer Tanah Air pada gelaran New York Fashion Week Spring Summer 2022.

Pada awalnya, street fashion berasal dari fotografi jalanan. Pada 1978, Bill Cunningham, seorang fotografer, memotret orang-orang yang sedang berlalu lalang di jalanan. Suatu ketika, Bill tak sengaja memotret seorang aktris Swedia, Greta Garbo, yang berpakaian dengan elegan. Itu adalah foto pertama di mana seorang fotografer memotret selebriti tanpa sepengetahuan.

Sejak saat itu, gaya berpakaian tak melulu menyontek mode dari majalah atau desainer. Orang-orang senang memperhatikan gaya berpakaian orang lain kemudian menirunya. Jalanan, disengaja atau tidak, menjadi “ajang kontes” untuk menunjukkan mode tanpa harus berpatokan pada musim. Mereka bebas memadu-padankan pakaian sesuai selera.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan