Benarkah Boleh Pacaran Islami? Ini Penjelasan lengkapnya

JABAREKSPRES.COM – Pacaran Islami, istilah yang saat ini sedang populer. Benarkah ada pacaran yang islami?, seperti apa pacaran yang islami?, adakah dalil untuk pacaran islami ini. Semuanya akan dikupas secara jelas dalam artikel ini.

Sabtu malam menjadi hari yang membahagiakan bagi yang sedang pacaran, karena jadi tradisi di Indonesia bahwa sabtu malam minggu adalah waktunya “Ngapel”, atau mengunjungi pacar. Hal ini sudah ada sejak lama, sebelum banyak yang tahu bahwa ternyata istilah pacaran tidak ada didalam islam.

Seorang ulama bernama Syaikh Shalih Al Fauzan hafizhahullah dalam salah satu ceramahnya pernah mengatakan bahwa, “sesuatu yang dinisbatkan kepada Islam artinya ia dia diajarkan oleh Islam atau memiliki landasan dari Islam”.

Hal ini menjadi dasar bahwa istilah ‘pacaran islami’ sendiri sejatinya tidak benar.
Karena Islam tidak pernah mengajarkan pacaran dan tidak ada landasan pacaran Islami dalam syariat.

Bahkan sebaliknya, ajaran Islam melarang kegiatan-kegiatan yang ada dalam pacaran, atau singkatnya, Islam melarang pacaran.

Definisi kata pacaran Islami adalah kegiatan bercintaan atau berkasih-kasihan yang sedemikian rupa dipoles sehingga terkesan sesuai dengan ajaran Islam.

Dalam prakteknya, batasan pacaran Islami pun berbeda-beda menurut pelakunya. Diantara mereka ada yang beranggapan pacaran Islami itu adalah aktifitas pacaran selama tidak sampai zina.

Ada juga yang beranggapan ia adalah aktifitas pacaran selama tidak bersentuhan, atau pacaran selama tidak dua-duaan, dan yang lainnya. Insya Allah, akan kita bahas beberapa model “pacaran islami” yang banyak beredar.

Hal-Hal Yang Dilarang Dalam Pacaran

‘Pacaran’ bukanlah istilah yang ada dalam khazanah Islam. Maka memang tidak akan bisa ditemukan dalil yang bunyinya “janganlah kalian pacaran” atau “pacaran itu haram” atau semisalnya.

Dan dalam kitab para ulama terdahulu pun tidak ada bab mengenai pacaran. Lalu mengapa kita bisa katakan Islam melarang pacaran? Karena jika kita melihat realita, tidak bisa dipungkiri bahwa dalam pacaran terdapat kegiatan-kegiatan atau hal-hal yang dilarang dalam Islam, yaitu:

1. Zina atau mendekatinya

Zina sudah jelas terlarang dalam Islam, Allah Ta’ala berfirman:

Tinggalkan Balasan