Animo Booster Tinggi, Puskesmas Dago Kehabisan Stok Vaksin

JabarEkspres.com, BANDUNG – Pengunjung yang akan melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster) terlihat membludak di lantai satu Cihampelas Walk (Ciwalk) Mal. Sejak dibuka hari ini, Jumat (22/7), pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB, ratusan pengunjung telah memadati area vaksinasi dan membuat lebih dari setengahnya terpaksa masuk daftar tunggu (waiting list).

Penanggung Jawab Program Imunisasi Puskesmas Dago, Kota Bandung, Dini, mengatakan hari ini Puskesmas Dago menyiapkan 22 vial vaksin Covid-19 jenis Pfizer. Setiap vial dapat digunakan untuk 6 dosis. Meski begitu, kuota peserta vaksinasi hari ini dibatasi hingga 200 orang saja.

“Kita hari ini bawa 22 vial, cuma, kan, ada yang dosis full  (dan) ada yang setengah dosis. Tapi kalau antrean memang dibatasi 200 orang, tapi kemungkinan lebih karena tadi ada beberapa tambahan orang,” ujarnya saat ditemui Jabar Ekspres di Mal Cihampelas Walk, Jumat (22/7).

Dosis yang disediakan hari ini, kata Dini, merupakan stok terakhir yang dimiliki Puskesmas Dago, merujuk pada semakin tingginya minat masyarakat untuk melengkapi dosis vaksinasi Covid-19.

“Alhamdulillah, pasokan vaksin kita habis terus. Untuk hari ini juga habis dan stok di puskesmas juga sudah enggak ada. Nanti kita akan ajukan lagi ke dinas, pekan depan,” imbuhnya.

Untuk melayani antrean yang cukup membeludak, Puskesmas Dago menerjunkan 14 petugas yang terdiri dari petugas medis dan non medis, dan dua tenaga tambahan. Meski mendapat antusias masyarakat yang tinggi, namun di antara 200 orang pendaftar, terdapat 6 orang yang terpaksa tidak diberikan izin untuk vaksinasi.

“Ditunda 4 karena 3 darah tinggi, 1 sdg sakit. Yang dipulangkan 2 Karen, 1 Moderna, 1 Sinopharm,” jelas Dini.

Salah satu peserta vaksinasi, Burhan (37), mengaku telah menunggu sejak pukul 08.00 WIB dan hampir kehabisan nomor antrean. Warga Kebon Pisang, Kota Bandung ini mengatakan memang sengaja datang ke Ciwalk Mall untuk melakukan vaksinasi booster.

“Tahu (Informasi gerai vaksinasi booster di Ciwalk Mall) dari Instagram. Tadi datang jam delapanan buat ambil antrean, alhamdulillah masih kebagian walaupun nomor akhir, 181,” ujarnya saat ditemui di tempat yang sama.

“Enggak tahu kalau ada batasan kuota, jadi saya dateng aja. Alhamdulillah masih dapet,” tandasnya.*** (Arv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan