Kelelahan, 8 Jamaah Haji Jabar meninggal di Arab Saudi, Dua diantaranya warga Kota Bandung

BANDUNG  Diduga karena kelelahan setelah melempar jumrah, dua orang jamaah haji asal Kota Bandung dilaporkan meninggal dunia di Arab Saudi. Dengan penambahan dua orang tersebut, berarti total ada 8 orang jamaah haji asal Jabar yang meninggal.

Data tersebut dilaporkan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat. Yang menyebut bahwa dari total 17.566 jamaah haji asal Jawa Barat yang berangkat ke Mekah, terdapat 8 orang yang meninggal dunia saat melangsungkan ibadah haji di tahun 2022 ini.

Sebelumnya, menurut Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Jabar, Ahmad Handiman Romdony mengatakan. dari data awal hanya terdapat 6 jamaah haji yang meninggal  di Arab Saudi.

Namun berdasarkan laporan terbaru, jamaah yang meninggal dunia bertambah 2 orang hingga total saat ini menjadi 8 jamaah.

“Itu dua jamaah dari kota Bandung yang meninggal, Jadi secara keseluruhan Jabar sampai hari ini ada 8 orang yang meninggal dunia,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (12/7).

Romdony menjelaskan, dua jamaah asal Kota Bandung tersebut, diduga kelelahan seusai melakukan lempar Jumrah pada pelaksanaan ibadah haji, di Muzdalifah, Mekah, Arab Saudi.

“Informasinya sepulang lempar jumrah, itu kayanya kelelahan, jadi dua jamaah meninggal tersebut karena faktor kelelahan,” katanya

Maka dengan adanya hal tersebut, ia menuturkan bahwa pihaknya yang berada di Arab Saudi langsung melakukan prosesi pemakaman di Arab Saudi. “Jadi semua jamaah yang meninggal di Saudi (Arab Saudi), itu akan dimakamkan langsung disana,” tuturnya

Untuk diketahui, pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini, Provinsi Jawa Barat mendapatkan kuota keberangkatan sebanyak 17.566 jamaah. Jumlah tersebut juga, tergabung kedalam 44 kloter haji. (San).

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan