Garuda Muda Gagal Melaju ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, PSSI akan Surati Federasi AFF

BANDUNG – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana akan mengirim surat kepada Asian Footbal Federation (AFF) terkait gagalnya Tim Nasional (Timnas) Indonesia U- 19 melaju ke semifinal turnamen Piala AFF U-19 2022.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan atau selalu disapa Iwan bule melihat adanya kejanggalan pada saat Thailand kontra Vietnam yang menyebabkan gagalnya Timnas U-19 melaju ke babak semifinal.

“Kalau mereka (Thailand vs Vietnam) mainnya benar, saya tidak masalah. Ini terlihat mereka main-main. Ini yang membuat kami terluka. Itu sebabnya saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF agar mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF,” kata Iwan dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (12/7).

Dengan adanya kejanggalan Tersebut, Iwan menduga pada pertandingan lanjutan turnamen piala AFF antara Thailand kontra Vietnam adanya match fixing. “Apakah ada match fixing atau tidak. Kalau tidak terbukti ya tidak masalah. Tapi nanyak nitizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan (antara Thailand vs Vietnam),” ucapannya

Terkait regulasi Piala AFF U-19, Iwan menegaskan bahwa PSSI tidak akan mempermasalahkan hal tersebut. Sebab ia menilai, Thailand dan Vietnam bermain tidak secara fair play.

“Soal regulasi AFF ini tidak ada masalah. Sebab, saat manager meeting sudah dibahas dan PSSI memahami itu. PSSI melihat saat laga antara Thailand dan Vietnam ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya (fairplay). Apakah pantas sebuah negara besar seperti itu melakukan hal itu. PSSI tidak menuduh, tetapi kita hanya mempertanyakan,” ungkap Iwan.

Meski akan menyampaikan protes, Iwan menuturkan bahwa pihak mengucapkan terima kasih kepada semua pemain hingga official Timnas U-19 yang telah berjuang maksimal dan tidak kenal lelah di ajang turnamen piala AFF U- 19 2022 ini.

‘’Sekali lagi terima kasih semuanya. Terima kasih juga kepada pemerintah dalam hal ini Kemenpora yang terus mendukung PSSI selama ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia U-19 menang telak atas Myanmar di ajang turnamen piala AFF U-19 2022, namun hal tersebut harus kandas dikarenakan kalah head to head kontra Vietnam dan Thailand pada pertandingan sebelumnya. (San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan