Cara Mengatasi Susah BAB, Simak 5 Poin Ini

Cara Mengatasi Susah BAB, Simak 5 Poin Ini – Susah buang air besar (BAB) atau sembelit adalah kondisi yang disebabkan oleh beagam faktor.

Mengatasi Susah BAB. Sembelit dalam bahasa medis adalah konstipasi bisa disebabkan karena makanan, gaya hidup tidak sehat hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Walaupun konstipasi adalah bukan penyakit yang berlangsung lama, namun sebagian besar orang pasti pernah mengalaminya. Beberapa individu bahkan dapat mengalami sembelit yang kronis atau berkepanjangan.

BAB yang kerin dan keras  dapat menyebabkan mengejan yang berlebih saat buang air besar, serta beberapa tanda dan gejala lainnya.

Namun, pada sebagian kasus, tidak ditemukan penyebab yang mendasari terjadinya sembelit konstipasi tersebut.

Dilansir dari Alodokter, kami sudah merangkum bagaiman cara mengatasi susah buang air besar (BAB).

Karena penyebab buang air besar berbeda-beda pada setiap orang, cara untuk mengatasinya pun juga berbeda. Namun, sembelit umumnya bisa ditangani dengan mengubah gaya hidup. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Cukupi kebutuhan air putih guna mencegah dehidrasi dan melunakkan tekstur tinja.
  2. Perbanyak konsumsi makanan berserat, seperti buah-buahan, sayuran, sereal, agar-agar, dan kacang-kacangan.
  3. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik, seperti yoghurt maupun kefir, untuk melancarkan pencernaan.
  4. Perbanyak aktivitas fisik dan olahraga, misalnya berjalan kaki selama minimal 15 menit dan dilakukan secara rutin.
  5. Jangan pernah menunda buang air besar dan segera ke toilet bila Anda mulai merasakan keinginan untuk BAB.

Selain itu, Anda juga bisa mengusahakan minum minuman yang dapat membantu melancarkan BAB dengan kandungan serat alami (herbal) tanpa menyebabkan sakit atau kram perut maupun mulas berlebihan.

Penyebab susah buang air besar umumnya dipengaruhi oleh gaya hidup. Oleh karena itu, terapkan pola hidup sehat agar pencernaan selalu lancar dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

Jika beberapa cara di atas tidak juga berhasil mengatasi susah buang air besar atau bila sembelit sudah berlangsung cukup lama, berkonsultasilah dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab buang air besar yang Anda alami.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat. (bbs)

Tinggalkan Balasan