3 Jenis Nonsubsidi Mengalami Kenaikan, Dewan Minta Pemerintah untuk Segera Beralih ke Energi Listrik

Editor:

JabarEkspres.com, BANDUNG РDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menilai bahwa dengan naiknya harga terhadap 3 jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi seperti  Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex sejak 10 Juli 2022 kemarin, pemerintah harus segera beralih ke energi alternatif, khususnya listrik.

Sebab menurut Sekretaris DPRD Jabar komis 2, Yunandar Rukhiadi Eka Perwira mengatakan bahwa dengan semakin meningkatnya harga Minyak di dunia, mau tidak mau pemerintah harus mengikuti konsekuensi dalam peningkatan harga BBM tersebut.

Sehingga, agar hal tersebut tidak menjadi permasalahan, Yunandar menyarankan agar pemerintah bisa memiliki opsi lain dalam pemberian bahan bakar seperti, salah satunya, energi alternatif listrik.

“Artinya kita harus segera beralih sebetulnya,¬† dan tidak mungkin kalau sekarang kita mengandalkan pertalite karena itu juga subsidinya sekarang sudah membengkak,” katanya saat diminta keterangan, Selasa (12/7).

Namun, dengan melihat kondisi saat ini, ia mengatakan bahwa pemerintah dinilai masih kurang siap dalam melakukan peralihan energi tersebut. Sebab, dari data yang dia catat, khususnya di Jawa barat, Pemerintah masih ragu-ragu dalam melakukan peralihan kepada energi listrik.

“Karena sedotan terbanyak itu pasti dari kendaraan bermotor. Jadi jangan sampai pemerintah itu ragu-ragu untuk beralih ke kendaraan listrik. Dan per hari ini saya catat sejak tahun 2019, itu kayak maju mundur,” ujarnya

Maka agar peralihan energi tersebut dapat terealisasi secara cepat, Yunandar mengungkapkan bahwa pemerintah untuk segera melakukan sosialisasi dan contoh terkait penggunaan kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.