Jadwal Fenomena Supermoon yang Akan Terjadi 14 Juli 2022, Jangan Terlewatkan

Jabarekspres.com – Anda tertarik untuk menyaksikan Fenomena Supermoon yang akan terjadi tanggal 14 Juli 2022? Jangan lupa catat jadwalnya di artikel ini.

Fenomena Supermoon merupakan fenomena langit yang langka dan akan terjadi lagi di bulan Juli 2022 ini.

Oleh karena itu, Anda jangan lewatkan untuk melihat fenomena langka satu ini, karena bulan akan berada dekat dengan bumi.

Beberapa ilmuwan menyebut supermoon atau bulan super merujuk pada peristiwa keadaan bulan penuh, ketika benda luar angkasa tersebut berada dekat dengan planet bumi.

Maka dengan posisi yang dekat dengan bumi, penampakan bulan menjadi terlihat sangat besar, sehigga istilah Supermoon muncul.

Akan tetapi, sebagian ilmuwan tidak menganggap Supermoon merupakan sebagian bulan purnama atau bulan baru.

Dengan segala perdebatan tersebut, Anda tetap bisa melihat fenomena langka ini dengan mata telanjang alias tanpa bantuan alat apapun.

Penampakan Supermoon akan menampilkan cahaya yang lebih terang, namun sebagian hanya bisa melihatnya dengan penampakan bulan purnama seperti biasa.

Jadi, karena inilah yang membuat perbedaan pendapat di kalangan para ilmuwan tentang fenomena langka ini.

Mengapa fenomena langka ini bisa terjadi? Fenomena Supermoon ini disebabkan oleh orbit bulan yang cenderung elips.

Selain itu, titik bulan yang dekat dengan bumi atau disebut titik Perigee. Posisi inilah yang menyebabkan bulan tampak terang dan lebih besar jika dilihat dari bumi.

Sementara itu, fenomena ini sebetulnya sudah terjadi selama sebulan ini yaitu mulai pada 14 Juni 2022 lalu hingga 14 Juli 2022 mendatang.

Selama rentang waktu itu, telah terjadi 3 peristiwa Supermoon yaitu Purnama Strawberi Super, Bulan Baru Strawberi Mikro, dan Purnama Rusa Super.

Peristiwa Purnama Strawberi Super terjadi pada masa panen buah Strawberi yaitu bulan Juni tahun ini. Sedangkan fenomena Purnama Rusa Super terjadi di bulan Juli 2022.

Sementara fenomena Bulan Baru Strawberi Mikro terjadi diantara keduanya yang terjadi hanya sembilan tahun sekali.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, inilah jadwal Supermoon 2022:

1. Purnama Strawberi Super 14 Juni 2022

Waktu: 18.51 WIB; 19.51 WITA ; 20.51 WIT

Jarak bumi dan bulan: 357.368 km

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan