Cara Memasak Daging Sapi Agar Empuk, Lihat 5 Tips Ini

Cara Memasak Daging Sapi Agar Empuk, Lihat 5 Tips Ini – Sajian makanan berbahan daging sapi hampir selalu tersedia di momen Lebaran, khususnya Lebaran Iduladha. Orang indonesia sering mengolah daging sapi menjadi beberapa masakan khas seperti sate, rendang, maupun gulai.

Namun, daging sapi yang masih alot saat dimakan akan mengurangi kenikmatan kita dalam bersantap. Ada beberapa cara mengolah dan memasak daging sapi agar empuk ketika dimakan.

Perlu diketahui, proses memasak yang tidak tepat bisa membuat daging terasa keras dan alot hingga sulit untuk dikunyah. Untuk itu, Anda perlu hati-hati dalam mengolahnya.

Selain merebus daging dalam waktu lama, Anda bisa mencoba beberapa cara agar daging lebih empuk. Berikut langkahnya:

 1. Pukul daging

Anda juga bisa menggunakan alat pemukul khusus berbentuk mirip palu untuk membuat daging lebih empuk. Pukul daging secara merata. Cara ini bisa menghancurkan zat yang membuat daging jadi keras dan alot.

Cara Memasak Daging Sapi Agar Empuk, Lihat 5 Tips Ini
Palu Daging (Ist)

2. Marinasi daging

Cara mengolah daging agar empuk lainnya adalah dengan marinasi. Oles daging dengan garam atau lemon. Lalu diamkan selama 30 menit sebelum dimasak.

3. Memotong daging berlawanan dengan serat

Cara memotong juga berpengaruh terhadap empuk atau tidaknya daging. Coba potong daging berlawanan dengan arah serat daging. Serat pada daging akan terlihat memanjang.

Cara ini dilakukan agar serat menjadi lebih pendek dan cepat empuk saat dimasak.

Cara Memasak Daging Sapi Agar Empuk, Lihat 5 Tips Ini
Cara Memasak Daging Sapi Agar Empuk, (Pixabay/Webandi)

4. Ungkep dengan daun pepaya

Jika Anda perhatikan, penjual sate kerap menggunakan daun pepaya untuk menaruh potongan daging yang belum dibakar. Daun pepaya konon bisa menjadi salah satu cara membuat daging lebih empuk. Selain berbahan alami, daun pepaya pun mudah untuk didapatkan.

Daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa memecah protein dalam daging.

Bungkus daging dengan daun pepaya, dan diamkan setidaknya 30 menit sebelum diolah. Semakin lama disimpan, daging akan semakin empuk.

5. Merebus daging dengan mengatur waktu

Tinggalkan Balasan