Hewan Kurban Masuk ke Kota Bogor Bakal Dikawal Polisi

BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bekerjasama dengan Polresta Bogor Kota dalam rangka melakukan pengawalan lalu lintas hewan ternak khususnya untuk kurban dari dan luar Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro mengaku, sebagai antisipasi penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang hari Raya Idul Adha 2022,
pihaknya telah melakukan berbagai operasi primitif dengan sosialisasi bersama semua dinas di wilayah Kota Bogor.

Tindakan preventif juga tengah digencarkan jajarannya untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Sejumlah lokasi yang sebelumnya merupakan titik sekat pemeriksaan hewan ternak, diubah menjadi titik pengawalan.

Dengan demikian, sambung Susatyo, petugas gabungan akan melakukan pengawalan untuk membantu apabila masyarakat akan mendatangkan hewan kurban dari luar daerah ke Kota Bogor.

“Tentunya setelah dikawal oleh petugas baik kepolisian, Dishub, dan Satpol PP kemudian akan ada assesment singkat oleh tenaga dokter hewan yang saat ini sudah ada di masing-masing kecamatan, dan ada call center di sana,” jelasnya.

Dalam hal ini, pihaknya berharap animo untuk berkurban kembali meningkat dan masyarakat tidak usah khawatir.

“Kami semua hari ini sudah bersepakat untuk mempermudah bagaimana mengubah mekanisme pengawasan, mekanisme kami secara pro aktif membantu masyarakat yang akan melaksanakan kurban,” tandasnya. (YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan