Gencarkan Literasi Wartawan Media Jurnal Polisi

Jabarekspres.com, Bandung – Hendak meningkatkan tingkat literasi wartawannya, redaksi dari media Jurnal Polisi mengadakan latihan menulis bertajuk ‘Literasi Teknik Media dalam Mencari, Mengolah dan Membuat Berita yang Benar’ di Gedung Gelanggang Generasi Muda, Kota Bandung, Selasa (5/7).

Pimpinan redaksi, Grinaldi mengatakan, lantaran jurnalisnya mesti mumpuni daya literasinya. “Khususnya yang paling utama dalam writing skill,” ucapnya.

Lalu, hal tersebut pun bisa terbentuk dengan bahan bacaan. “Mudah-mudahan dengan memahami semua ini, mereka lebih peka saat menemukan berita,” imbuh Grinaldi.

Jangan sampai, lanjutnya, ketika wartawan menemui narasumber tetapi lantaran kurangnya pemahaman, tidak adanya sinkronisasi berita dengan tujuan wawancara.

“Misalkan saat bertemu narasumber, yang ditemui peristiwa perihal apa, namun yang dituangkan (menulis) malah tentang peristiwa lain,” ungkapnya.

Dia pun mengharapkan, dengan diadakannya kegiatan tersebut, para wartawan yang dinakhodainya mampu mumpuni sebagai jurnalis.

“Mereka bisa memiliki skill yang baik lagi dalam jurnalisme. Karena ini bukan sek yangadar pekerjaan, melainkan profesi,” pungkasnya.

Berlangsung sedari pukul 10.00 WIB, pelatihan menulis inipun tidak hanya dihadiri belasan wartawan media Jurnalis Polisi, tetapi juga Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jabar bersama jajarannya serta pemateri yang dihadirkan.*** (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan