Ini Langkah Awal Kepala Kantor SAR Bandung yang Baru Dalam Bertugas

SUMEDANG – Posisi Kepala Kantor SAR Bandung yang sebelumnya dijabat oleh Deden Ridwansah kini secara resmi diganti oleh Jumaril pada Selasa (28/6).

Pada prosesi serah terima jabatan, suasana haru atas pindah tugasnya Deden Ridwansah menjadi Kepala Kantor SAR Lampung terasa menyelimuti area Kantor SAR Bandung.

Akan tetapi, di tengah suasana haru itu, rasa senang pun turut mewarnai acara serah terima jabatan Kepala Kantor SAR Bandung yang kini posisinya dipegang oleh Jumaril sebagai pengganti Deden Ridwansah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Deden yang sudah sedemikian rupa bisa merangkul (semua potensi SAR dan mitra kerja) dalam satu forum,” kata Jumaril dengan seragam lengkap Basarnas di Kantor SAR Bandung.

Satu wadah para potensi SAR itu dijelaskan Jumaril, yakni Forum Koordinasi Potensi, Pencarian dan Pertolongan Daerah (FKP3D) Jawa Barat.

Menurutnya, kekuatan utama Basarnas dalam proses evakuasi korban peristiwa atau kebencanaan ada pada masyarakat khususnya yang tergabung sebagai potensi SAR.

Karena apabila dalam proses evakuasi korban kebencanaan hanya mengandalkan anggota Basarnas, diakui Jumaril, pertolongan untuk masyarakat menjadi kurang maksimal.

“Personil Basarnas (wilayah Jawa Barat) Kantor SAR Bandung ini (jumlahnya) hanya kurang lebih 100 orang,” ucap Jumaril.

“Kalau hanya kami (Basarnas) tidak akan bisa kami laksanakan operasi SAR yang baik tanpa adanya dukungan dari potensi-potensi SAR yang ada di seluruh Jawa Barat,” lanjutnya.

Jumaril menegaskan, sebagai Kepala Kantor SAR Bandung yang baru, dirinya akan melakukan pemetaan wilayah untuk menandai area mana saja yang kerawanan bencananya tergolong tinggi.

“Saya akan lakukan pemetaan dibantu seluruh perangkat yang ada di Kantor SAR Bandung. Kasi Operasi, Kasi Sumber Daya akan membantu saya nanti ketika memetakan,” imbuhnya.

“Daerah-daerah mana saja yang harus jadi perhatian khusus, kaitannya dengan bencana tentunya. Saya yakin teman-teman sudah punya (pemetaan) dan itu akan jadikan pedoman untuk awal saya bertugas di Kantor SAR Bandung,” tutup Jumaril. (bas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.