Apa Itu Episode Manik Bipolar yang Dialami Marshanda? Berikut Cirinya

Jabarekspres.com – Aktris Marshanda di kabarkan hilang sebelumnya di Los Angeles, dan di duga berkaitan dengan episode manik gangguan bipolar yang ia alami.

Gangguan bipolar sendiri ialah masalah mental dengan perubahan suasana hati, mulai dari depresi hingga manik. Depresi menjadi episode terendah, sementara manik menjadi episode yang tertinggi. Di kutip Cleveland Clinic, episode manik ini periode di mana akan alami satu atau lebih gejala mania. Dalam beberapa kasus, memang perlu perawatan medis.

Dapat di katakan, episode manik pun merupakan keadaan di saat pengidap bipolar mengalami periode suasana hati yang meningkat secara tidak normal. Atau mudah tersinggung dan berenergi tinggi di sertai perilaku abnormal yang mengganggu kehidupan.

Selama episode manik, suasana hati penderita bipolar akan meningkat. Bahkan alami berbagai euforia hingga mudah marah. Episode manik ini dapat berlangsung mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan.

Menurut WebMD, berikut ciri seseorang alami episode manik dari bipolar.

  1. Memiliki ide yang loncat-loncat
  2. Merasa tertekan
  3. Peningkatan energi, hiperaktif dan sulit tidur
  4. Citra diri meningkat
  5. Hiperseksualitas

Tak hanya itu, orang yang alami episode manik pun dapat menghabiskan uang jauh melampaui kemampuan mereka. Bahkan berhubungan seks dengan orang yang tak mereka inginkan atau mengejar rencana yang muluk dan tidak realistis.

Ketika episode manik parah, seseorang kehilangan kontak dengan kenyataan. Mereka dapat menjadi delusi dan berperilaku aneh.

Mengenai kabar hilangnya Marshanda, kini Marshanda di konfirmasi tidak hilang. Namun apa yang terjadi pada Marshanda serta kondisi terkini mengenai episode manik bipolar memang tidak di katakan oleh pihak keluarga.

“Pernyataan klarifikasi, terkait dengan adanya pemberitaan soal hilangnya anak/kakak/keluarga kami, Marshanda yang hilang di Amerika Serikat, yang beredar di media sosial pada hari ini, Senin, 27 Juni 2022. Kami selaku keluarga ingin mengklarifikasi dan menginformasikan bahwa saat ini Marshanda baik-baik saja dan tidak menghilang,” buka adik Marshanda, Alyssa, dalam Instagram Stories miliknya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan