Sesar Baribis Terdeteksi Aktif, Jakarta Terancam Gempa

Kita punya banyak bukti catatan gempa kecil bahkan dengan magnitudo 4,5 mampu menimbulkan kerusakan karena hiposenternya dangkal dengan episenternya dekat dengan permukaan.

Jika ternyata gempa yang terjadi memiliki kekuatan lebih besar tentu potensi kerusakannya pun akan semakin besar.

“Pentingnya menerapkan upaya mitigasi yang nyata atau konkret di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Karawang, Purwakarta dan sekitarnya yaitu dengan mewujudkan bangunan tahan gempa dengan struktur yang kuat serta perencanaan tata ruang berbasis risiko gempa yang mengacu pada peta mikrozonasi bahaya gempa dalam skala detil,” katanya.

Selain itu, seluruh lapisan masyarakat perlu memahami keterampilan cara selamat saat terjadi gempa, perlu ada edukasi masif dan latihan evakuasi yang berkelanjutan, tidak saja untuk antisipasi gempa akibat Sesar Baribis tapi juga untuk antisipasi potensi gempa megathrust yang sumbernya jauh dan dapat berdampak hingga Jakarta, kata Daryono.

Sementara menanggapi adanya Sesar Baribis, Gubernur Anies Baswedan belum mau berkomentar banyak terkait keaktifan Sesar Baribis yang berada di tanah Jakarta.

Anies mengatakan akan mengecek kembali keaktifan Sesar Baribis di selatan Jakarta.

“Nanti akan saya cek kembali,” ucapnya, Sabtu (25/6) kemarin. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan