Benda Bersejarah Mirip Penggiling Tebu Kuno Ditemukan di Pinggir Jalan Bekasi

BEKASI  – Sebuah benda diduga bersejarah ditemukan di pinggir jalan di kawasan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Sabtu, (25/6).

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bekasi, Deded Kusmayadi menjelaskan, benda diduga bersejarah itu sudah sejak lama terbengkalai di pinggir jalan.

“Awalnya ada laporan dari salah satu staf kelurahan, benda itu sudah lama di pinggir jalan akhirnya di laporkan ke pak Plt Wali Kota (Bekasi),” kata Deded Kusmayadi saat dikonfirmasi, Sabtu, (25/6).

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, benda tersebut diduga berfungsi seperti alat pemeras tebu untuk pembuatan gula yang terbuat dari batu.

Benda yang diduga bersejarah tersebut saat ditemukan berjumlah sebanyak 7 buah. Lokasi ditemukannya benda tersebut pun terpisah satu sama lain.

“Menurut informasi sekitar 7, ada di beberapa tempat, ada yang dipinggir jalan 2, ada yang didekat pemukiman, kemudian ada yang dibalik kebun,” ucap Deded.

Ia menduga, alat tersebut difungsikan sebagai penggiling tebu. Sebab, dulunya wilayah sekitar merupakan pabrik tebu rumahan yang menggunakan alat penggiling tradisional bertenaga sapi.

“Menurut beberapa sumber informasi, sejak sebelum revolusi industri belum pakai mesin, diperkirakan 1600-1700, abad 17 Tapi harus melalaui penelitian lagi, masih dugaan,” jelas Deded.

Benda diduga bersejarah tersebut lalu dibawa ke Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi untuk dilakukan penelitian oleh ahli sejarah.

“Ini salah satu sudah di bawa ke kantor pemkot untuk diteliti oleh tim ahli cagar budaya kita seperti apa, sisanya masih di lokasi,” tuturnya. (Fin-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan