Apa Penyebab Sri Lanka Bangkrut? Ini Dia Penjelasannya

Banyak ahli menyatakan bahwa pengeluaran pemerintah yang tinggi dan pemotongan pajak yang mengikis pendapatan negara telah memperparah masalah ini.

Perencanaan dan pembuatan kebijakan yang membawa bencana juga telah merugikan ekonomi Sri Lanka.

Misalnya, keputusan mendadak Rajapaksa pada bulan Mei untuk melarang semua pupuk dan pestisida dan memaksa petani untuk menjadi organik tanpa peringatan membuat komunitas pertanian bertekuk lutut karena banyak petani, yang telah terbiasa menggunakan pupuk dan pestisida, tiba-tiba dibiarkan tanpa cara untuk berproduksi. tanaman yang sehat atau memerangi gulma dan serangga.

 

Utang besar ke China dan negara-negara lain

Salah satu masalah yang paling mendesak bagi Sri Lanka adalah utang luar negerinya yang besar dan beban pembayaran utang, khususnya ke China.

China berutang lebih dari $5 miliar kepada China dan tahun lalu mengambil pinjaman tambahan $1 miliar dari Beijing untuk menghentikan krisis keuangan akutnya, yang dibayar dengan mencicil.

Dan bukan hanya China, tetapi juga pasar lain yang menjadi tumpuan pemerintah dan sektor swasta Sri Lanka.

 

“Kami memiliki utang yang tinggi dari tiga negara – China, Jepang dan India. Total utang untuk tahun ini akan menjadi $6,9 miliar,” Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa, adik dari Presiden Rajapaksa, seperti dikutip dalam laporan PTI.

Anggota parlemen oposisi Harsha de Silva, yang juga seorang ekonom, mengatakan kepada Parlemen pada bulan Desember bahwa cadangan mata uang asing negara itu akan minus $437 juta pada Januari, dan total pembayaran utang luar negeri akan menjadi $4,8 miliar antara Februari dan Oktober 2022. benar-benar bangkrut,” kata surat kabar Sri Lanka Daily Mirror mengutipnya.

De Silva mengatakan dia tidak mencoba menakut-nakuti siapa pun, tetapi itu adalah kenyataan bahwa “semua impor akan dihentikan, seluruh sistem TI akan ditutup, termasuk peta Google karena kami tidak akan mampu membayarnya”.

Pemerintah telah mengatakan sedang berusaha keras dan akan memenuhi komitmennya dan juga merundingkan ulang utang China dengan Beijing.

Menteri Ramesh Pathirana mengatakan mereka akan mencoba menyelesaikan utang minyak masa lalu dengan Iran dengan membayarnya dengan teh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan