Taiwan Kerahkan Jet untuk Peringatkan Pesawat China Di Zona Udaranya

Jabareskpres.comTaiwan mengerahkan jet untuk peringatkan 29 pesawat China di zona pertahanan udaranya, termasuk pesawat pengebom yang terbang ke selatan pulau itu dan ke Pasifik.

Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri, telah mengeluh selama dua tahun terakhir tentang misi berulang-ulang oleh angkatan udara China di dekat pulau yang diperintah secara demokratis, sering kali di bagian barat daya dari zona identifikasi pertahanan udara, atau ADIZ, dekat dengan pulau Pratas yang dikuasai Taiwan.

 

Taiwan menyebut aktivitas militer Negara tirai bambu yang berulang di dekatnya sebagai “zona abu-abu”, yang dirancang untuk melemahkan kekuatan Taiwan dengan membuat mereka berulang kali berebut, dan juga untuk menguji tanggapan Taiwan.

 

Misi Negara tirai bambu terbaru pada hari Selasa termasuk 17 pesawat tempur dan enam pembom H-6, serta peperangan elektronik, peringatan dini, antikapal selam dan pesawat pengisian bahan bakar udara, kata kementerian pertahanan Taiwan.

 

Beberapa pesawat terbang di daerah di timur laut Pratas, menurut peta yang disediakan kementerian.

 

Namun, para pembom, disertai dengan peperangan elektronik dan pesawat pengumpul intelijen, terbang ke Selat Bashi yang memisahkan Taiwan dari Filipina dan ke Pasifik sebelum kembali ke China pada rute yang mereka masuki.

 

Taiwan mengirim pesawat tempur untuk memperingatkan pesawat dari Negara tirai bambu, sementara sistem rudal dikerahkan untuk memantau mereka, kata kementerian itu, menggunakan kata-kata standar untuk tanggapannya.

 

Itu adalah serangan terbesar sejak Taiwan melaporkan 30 pesawat China di ADIZ pada 30 Mei. Yang terbesar hingga saat ini tahun ini terjadi pada 23 Januari, melibatkan 39 pesawat.

 

Tidak ada komentar langsung dari Negara tirai bambu, yang di masa lalu mengatakan bahwa langkah tersebut adalah latihan yang bertujuan untuk melindungi kedaulatan negara.

 

Seorang juru bicara departemen luar negeri AS mengatakan kepada Reuters dalam email bahwa Beijing harus “menghentikan tekanan dan intimidasi militer, diplomatik, dan ekonominya terhadap Taiwan”.

 

China meluncurkan kapal induk ketiganya pada hari Jumat, Fujian, dinamai berdasarkan provinsi di seberang Taiwan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan