Presiden Jokowi Ulang Tahun ke-61 Hari Ini, Berikut Profilnya

Jokowi dipilih menjadi ketua organisasi dan memimpin berbagai kegiatan yang berhasil mengangkat daya usaha para pengusaha kecil dan menengah anggota Asmindo.

Setelah dua tahun Jokowi memimpin Asmindo, para pengurus dan anggota syarikat pengusaha tersebut mulai melontarkan ide pencalonan diri Joko Widodo pada Pemilukada Solo 2005.

Saat itu, Joko Widodo kemudian maju dalam Pemilukada bersama F.X Hadi Rudyatmo dan terpilih menjadi Walikota Solo periode 2005-2010.

Beberapa prestasi seperti tata lokasi PKL, efisiensi birokrasi kota, dan peremajaan pasar-pasar tradisional membuat dirinya menjadi sosok populer di kalangan masyarakat Surakarta.

Lalu, pada pemilihan Wali Kota Solo periode 2010-2017, ia terpilih kembali dengan persentase perolehan suara sebanyak 90,09 persen.

Joko Widodo mulai dikenal dalam lingkup nasional setelah ia secara resmi mengganti mobil dinasnya dengan mobil Esemka yaitu buah karya para pelajar SMK 2 dan SMK Warga Surakarta, pada Januari 2012.

Akan tetapi, hal itu menimbulkan banyak komentar. Salah satunya mendapat sorotan masyarakat ialah komentar Bibit Waluyo, yang menyebut langkah Jokowi mengganti mobil dinasnya sebagai sesuatu yang sembrono.

Pada Maret 2012, PDI-P dan Partai Gerindra mengusung Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pemilukada DKI Jakarta 2012.

Pada Pemilukada putaran kedua, Jokowi dan Basuki berhasil mengungguli pasangan calon Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli, lantas menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017

Selepas menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012, Jokowi terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Pada Pilpres tersebut Joko Widodo terpilih bersama pasangannya, Jusuf Kalla. Terakhir dalam Pilpres 2019, Jokowi terpilih kembali sebagai Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatannya yang kedua.

Kali ini ia didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin dan dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan 2019 hingga 2024 mendatang.

Demikianlah profil Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ulang tahun hari ini tepatnya Selasa 21 Juni 2022.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan