Fenomena Dance Cover K-Pop, Banyak Digemari di Indonesia

Jabarekspres.com – Negara Korea Selatan tak hentinya membawa demam K-Pop ke seluruh dunia, bahkan marak dance cover. Sederet boyband dan girlband sukses ternama mampu mencuri perhatian, baik melalui karya musik hingga koreografi tariannya.

Saat ini, sudah banyak yang gemar mempraktikan tarian-tarian K-Pop atau di sebut dance cover. Indonesia menjadi salah satu yang banyak peminat dance cover.

Bahkan, saat ini sudah banyak kompetisi-kompetisi dance K-Pop di Indonesia. Bahkan beberapa kompetisi kecil sudah di adakan di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, dan lain sebagainya.

Namun dengan adanya peraturan karena pandemi Covid-19, mereka yang gemar melakukan dance cover tidak lagi ikut kompetisi secara offline. Melainkan melalui video yang kemudian di unggah melalui YouTube.

Fans pun mulai membentuk grup-grup dance cover. yang mana fokusnya berbeda dengan dance biasa. Mereka menari dengan mengikuti gerakan yang sudah ada dan menirukan gerakan sang idola.

Titik kesempurnaan dari dance cover juga berbeda dengan dance modern, di mana bukan kreativitas namun kemiripan dengan sang idola baik dalam segi detail gerakan, kostum serta ekspresi yang ditampilkan di atas panggung.

Dance cover di Indonesia sendiri terbilang cukup booming. Terbukti dengan adanya Komunitas Kpop Dance Cover Indonesia yang terbentuk di facebook, di mana mereka saling bertukar informasi grup, dan sharing hasil video cover mereka melalui Youtube channel.

Tim-tim seperti SBSquad (Sapphire Blue Squad), SUNSHINee (dance cover SHINee), O Namja (cover MBLAQ) atau 4NE1 (cover 2NE1) dan tim-tim lain tampak aktif di grup ini. Acara gathering fans adalah ajang mereka unjuk kebolehan.

Hasilnya, bisa dilihat dari video-video tersebut bahwa fenomena dance cover disambut dengan terbuka, dan para penggemar tak sungkan untuk berteriak histeris layaknya menyaksikan penampilan idola mereka.

Seakan tak cukup hanya dengan menikmati penampilan grup-grup K-Pop favorit, sejumlah fans bahkan meniru gerakan dance mereka, membuat komunitas, dan melakukan penampilan layaknya sang idola.

Gerakan dance dari grup-grup K-Pop memang begitu menarik perhatian sehingga tak heran jika banyak orang berusaha untuk menirunya. Tak hanya fans, komunitas yang biasa membawakan modern dance juga mulai tertarik untuk meng-cover dance grup K-Pop.

Tinggalkan Balasan