Bahaya Besar Naik Motor Pakai Sandal Jepit, Begini Penjelasan Praktisi

Terkait dengan perlengkapan berkendara, kita harus memahami bahwa ada dua kategori kelengkapan berkendara, yaitu minimal dan ideal, dimana sandal jepit tidak termasuk dalam kedua poin tersebut.

Pada perlengkapan ideal dimana perlengkapan tersebut diperuntukan buat balap atau touring yang melindungi tubuh dengan standar keselamatan ideal.

Sedangkan minimal seperti helm half-face, sarung tangan dari bahan karet atau kulit imitasi, celana panjang berbahan denim dan sepatu yang menutupi mata kaki.

Sepatu mampu membungkus kaki dengan lebih baik dan mengurangi risiko jika terjadi kecelakaan, baik saat motor jatuh atau terserempet.

Setidaknya sepatu membalut bagian kaki dari abrasi akibat gesekan pada bagian kaki bawah dengan aspal.

Sepatu juga berbagai macam kategori, di mana kategori ideal seperti sepatu balap yang menutup hingga tulang kering pengendara.

Sedangkan kategori minimal bisa pakai sepatu kets atau sneakers, walaupun jenis ini sudah minim sekali paling tidak masih dapat melindungi bagian bawah kaki saat bergesekan dengan permukaan aspal.

“Setidaknya dengan menggunakan sepatu dapat sedikit melindungi bagian kaki bawah itupun juka sepatu tidak robek, namun jangan paki sandal jepit,” tutup Jusri. (dis)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan