Roy Suryo Akhirnya Meminta Maaf Soal Unggah Stupa Mirip Jokowi

JAKARTA – Roy Suryo akhirnya meminta maaf setelah membuat heboh dengan mengunggah meme stupa Borobudur mirip dengan Presiden Jokowi.

Ia juga sempat membagikan url akun pengunggah pertama meme tersebut.

Foto meme stupa Borobudur mirip Presiden Jokowi itu diunggah Roy Suryo di Twitter pada Jumat (10/6). Dan selama sepekan terakhir menjadi perbincangan publik di media sosial.

Melalui rilis kepada media dan ditandatangani oleh tim penasehat hukum, Pitra Romadoni Nasution, Roy Suryo memberikan klarifikasi sekaligus salah satu poin yang menyampaikan permintaan maaf kepada umat Budha.

“Bahwa untuk menghindari terjadinya adu domba dan provokasi yang dilakukan oleh pihak lain, terkait kritikannya di Twitternya mengenai tarif wisata Borobudur tersebut,” kata pernyataan tertulis pengacara dari Roy Suryo itu.

“Untuk itu Roy Suryo secara terbuka dan gentle berani meminta maaf atas Kegaduhan yang terjadi kepada masyarakat Indonesia terkait hal tersebut, lebih khususnya kepada umat Budha yang dimungkinkan terkait akibat adanya meme tersebut,” kata pernyataan tertulis itu lagi.

“Meski meme yang dimaksud jelas-jelas bukan buatannya sebagaimana penjelasan teknis di atas,” katanya lagi.

“Sehingga, tidak ada rasa kebencian, kemarahan dan kesalahpahaman di antara kita terkait permasalahan tersebut di atas, dikarenakan tidak ada sedikit pun niatan Roy Suryo dalam mengkritik kebijakan tarif wisata tersebut ke arah agama tertentu (SARA),” tambahnya.

Dalam rilis itu, Roy Suryo sekaligus menyampaikan apresiasi kepada Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi).

“Bahwa juga Roy Suryo mengucapkan apresiasi kepada HIKMAHBUDHI, dalam hal ini ketua umumnya Bapak Wiryawan yang malah sudah mengkomunikasikan langsung kepada Roy Suryo agar kondisi yang terjadi untuk tidak terpengaruh dengan situasi yang (sengaja) dibuat oleh BuzzerRp yang ingin mengadu domba antar umat beragama,” katanya.

“Atas komunikasi yang sangat baik tersebut Roy Suryo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” kata Pitra dalam pernyataan itu.

Diketahui, foto meme stupa Borobudur mirip Presiden Jokowi itu diunggah Roy Suryo di Twitter pada Jumat (10/6).

Dalam unggahan itu, Roy Suryo menyinggung soal kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur jadi Rp 750 ribu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan