Pemkot Bandung dan Pemda KBB Bersinergi Dorong Potensi Pariwisata

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) bersinergi mendorong potensi di sektor pariwisata. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, pertemuannya dengan Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan merupakan langkah Pemkot Bandung untuk meningkatkan kerja sama dengan seluruh wilayah aglomerasi Bandung Raya.

“Mudah-mudahan kita bisa lakukan kerjasama dengan semua aglomerasi Bandung Raya, kan Cimahi sudah, Kabupaten Bandung juga sudah, mudah mudahan dengan Sumedang juga bisa lakukan kerjasama sehingga kita cepat merealisasikan kerja sama di wilayah Cekungan Bandung untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya kepada Jabar Ekspres, di Pendopo Kota Bandung, Selasa (14/6).

Sinergi yang akan dilakukan Pemkot Bandung dan Pemda KBB dalam waktu dekat ini, akan berpusat pada pengembangan wisata di Cigadung, Kota Bandung dan wilayah Lembang, Maribaya.

Saat ditanya mengenai perkembangan kerja sama pembangunan kolam retensi di wilayah Tegalluar, Yana mengatakan belum ada perkembangan signifikan. “Belum atuh, baru juga kemarin ketemu (dengan Pemda KBB),” kata Yana.

Namun, dia berharap kerja sama ini dapat segera direalisasikan, sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) di masing-masing wilayah dapat meningkat. “Mudah mudahan kalau dengan kerjasama ini ada peningkatan PAD di masing-masing wilayah kita,” tuturnya.

Masih di tempat yang sama, Plt Bupati Pemda KBB Hengky Kurniawan mengatakan sejatinya Pemda KBB dan Pemkot Bandung sama-sama tengah menjajaki langkah pengembangan potensi pariwisata di masing-masing wilayah. Hal ini merujuk pada predikat Bandung yang dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Jawa Barat.

“Kami (KBB) memiliki wisata alam yang banyak diminati wisatawan, begitu juga Kota Bandung. Jadi kita ingin memperbaiki, aksesnya kita perbaiki, kemudian sambil berjalannya waktu kita coba cari potensi-potensi lain yang bisa kita kembangkan untuk meningkatkan PAD,” kata Hengky kepada Jabar Ekspres.

Saat ini, Pemda KBB, kata dia, masih berfokus pada program pemulihan ekonomi. Salah satunya melalui sektor pariwisata dan UMKM. “Kita sudah MoU kita kerucutkan terkait pemasaran UMKM, kami punya galeri Dekranasda yang ada di IKEA. Sehingga kami mempersilahkan UMKM dari Kota Bandung untuk bisa dipasarkan di Galeri Dekranasda yang ada di IKEA untuk potensi omzetnya juga lumayan,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan