Yayasan JaRI Meluncurkan Buku “Merdeka Dari Kekerasan”

JABAREKSPRES – Masih dalam rangka memperingati Hari Kartini 21 April 2022 dan Hari Buku Nasional 17 mei 2022, Yayasan JaRI meluncurkan buku “Merdeka Dari Kekerasan” pada hari Sabtu tanggal 11 Juni 2022 pukul 14.00-15.30 WIB. Dihadiri oleh kurang lebih 366 peserta dari Zoom dan Youtube.

  1. Buku “Merdeka Dari Kekerasan” merupakan hasil kegiatan lomba menulis yang diselenggarakan oleh Yayasan JaRI pada tahun 2021 berisi pengalaman tentang kekerasan terhadap perempuan dari kacamata penyintas, sanksi dan pelaku. Ada tiga naskah juara dan 44 naskah favorit yang dterbitkan dalam buku ini.
  2. Tujuan peluncuran buku: menyebarluaskan informasi tentang tentang pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan.
  3. Undang-Undang No. 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) yang diundangkan pada tanggal 09 Mei 2022 menimbulkan harapan bagi seluruh masyarakat. Kekerasan seksual terjadi di tengah masyarakat nasional maupun internasional dengan kejadian yang cukup tinggi. Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mencatat ada 338.496 laporan kasus kekerasan berbasis gender  terhadap perempuan yang terverifikasi sepanjang 2021. Angka ini meningkat sekitar 50% dari laporan tahun 2020 yang berjumlah 226.062 kasus. Diharapkan segera terbit peraturan pelaksanaan, serta latihan bagi petugas kesehatan, penegak hukum dan berbagai sektor terkait agar  memenuhi hak kesehatan kaum perempuan.
  4. Peluncuran buku “Merdeka dari kekerasan” dilakukan oleh Ibu Theresia Iswarini dari Komnas perempuan. Diawali oleh keynote speech dari Perwakilan Menteri  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga KemenPPPA: Rini Handayani, S.E., MM., dilanjutkan oleh sambutan dari para endorser buku:  Ibu Rita Serena Kalibonso dari Mitra Perempuan, Ibu Musdah Mulia dari Yayasan Mulia Raya dan Pak Hasbullah Thabrany sebagai pakar kebijakan Publik. Ibu Fitria Villa Sahara dari Yayasan Perempuan Kepala Keluarga PEKKA menyampaikan sambutan tentang arti buku ini untuk kelompok perempuan kepala keluarga dalam proses pemberdayaan.
  5. Sasaran Peluncuran buku ini adalah masyarakat luas dan disiarkan online melalui zoom dan you tube Yayasan JaRI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan