Jubir Pemprov Jabar Sampaikan Lokasi Eril Akan Dimakamkan

BANDUNG – Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) sekaligus juru bicara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat Wahyu Mijaya menginformasikan bahwa untuk proses pemakaman Almarhum Emmeril Khan Mumtadz atau Eril direncanakan akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang berlokasi di Cimaung, Kabupaten Bandung.

Wahyu juga menjelaskan bahwa prosesi pemakaman putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu akan dilakukan pada Senin (13/6).

“Rencananya, jenazah Eril akan dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Ciamung, Kabupaten Bandung,” ucapnya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jum’at (10/9).

Sementara itu, untuk proses kepulangan Ridwan Kamil beserta jenazah Eril, akan direncanakan pada hari Sabtu besok dan akan tiba di Kota Bandung pada Minggu (12/6)

Akan tetapi, pihaknya masih menunggu informasi lanjutan terkait kepulangan Ridwan Kamil beserta jenazah putra sulungnya ke Indonesia.

“Setelah di Indonesia, kami juga belun bisa memastikan apakah (jenazah Eril) akan disemayamkan terlebih dahulu di Gedung Pakuan atau langsung dimakamkan di Cimaung,” ujar Wahyu.

“Karena kita melihat waktu tibanya dulu. Jadi kita lihat perkembangannya di hari besok (Sabtu, 11/6),” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern menyampaikan bahwa pencarian Putra pertama daru Gubernur Jawa Barat bernama Emmeril Khan Mumtadz atau Eril kini telah ditemukan oleh pihak Kepolisian Kantor Bern.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Dharmansyah Hadad menyampaikan, kepolisian Bern menemukan jenazah Eril dalam kondisi tidak bernyawa.

“Kami ingin menyampaikan bahwa kemarin kepolisian kantor Bern telah bertemu kami kantor KBRI Bern dengan pihak keluarga (Gubernur Jabar, Ridwan Kamil) untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah ananda Eril pada sekitar jam 06.50 pagi waktu Swiss atau jam 11 50 WIB,” terang Muliaman Hadad melalui siaran virtual, Kamis (9/6) malam

Sesuai prosedur yang berlaku, Hadad menjelaskan bahwa pada saat ditemukamnya Eril dalam kodisi tidak bernyawa, tim Forensik Kepolisian Bern langsung melakukan identifikasi dan penelusuran DNA guna memastikan bahwa jasad yang telah ditemukan adalah anak pertama dari Ridwan Kamil.

“Pada hari Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan informasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah Ananda Eril. Hal ini juga telah disampaikan secara official oleh polisi Bern melalui media rilis mereka, pada pukul 13.45 siang ini waktu Swiss,” tuturnya. (Mg4/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan