Ridwan Kamil Akan Jadi Amirul Hajj pada Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun Ini

BANDUNG – Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan ditugaskan menjadi Amirul Hajj atau peran kepemimpinan agama di tanah suci Mekah dan Madinah, Arab Saudi.

Nantinya, Gubernur yang sering disapa Kang Emil ini akan mendampingi dan memastikan keamanan dan keselamatan kepada 17.566 jamaah haji yang berasal dari Provinsi Jawa Barat.

“Dulu Pak Wagub (Uu Ruzhanatul Ulum) berangkat, dan saya sekarang memimpin untuk memastikan sekitar 17.000-an jamaah haji Jawa barat itu aman sehat, makanannya terjamin, transportasi lancar, ibadahnya tenang. Itu tugas saya nanti di tanah suci saat menjadi Amirul Hajj,” jelas Ridwan Kamil pada Kamis (9/6).

Emil juga mengungkapkan, dirinya akan berangkat ke Tanah Suci untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat Jawa Barat yang sedang melaksanakan ibadah haji pada awal Juli nanti.

“Berangkat antara akhir Juni atau awal Juli nanti,” katanya.

Maka di pelaksanaan ibadah haji tahun ini, dirinya berpesan kepada warga Jawa Barat yang telah mendapatkan kesempatan melaksanakan ibadah haji di tahun 2022 ini untuk tetap menjaga kondisi kesehatan selama melakukan ibadah di Tanah Suci.

“Jaga nama baik jamaah haji Indonesia, khususnya Jawa barat di sana (Arab Saudi). Niatnya ibadah, bukan lainnya. Sehingga insyaallah lancar dan kalau ada apa-apa kita sudah ada tim yang akan memastikan kebutuhan atau pertolongan untuk Jamaah Haji,” tuturnya.

Untuk diketahui, pada pelaksanaan ibadah haji haji tahun 2022 ini, Provinsi Jawa Barat mendapatkan kuota keberangkatan sebanyak 44 kloter yang nantinya pada satu kloter akan diisi kurang lebih sebanyak 410 hingga 450 orang.

Dan hingga saat ini, jamaah haji asal Jawa Barat yang telah diberangkatkan ke tanah suci yakni sebanyak 6 kloter.

“Alhamdulillah belum menerima berita laporan terkait ada yang meninggal atau apapun. Alhamdulillah mereka (yang 6 kloter) mulai melaksanakan ibadah armain di Madinah,” ucapnya di Kanwil Kemenag Jabar, Kota Bandung, Rabu (8/6) kemarin. (Mg4/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan