Atasi Banjir, Kelurahan Rancaekek Kencana Lakukan Ini

Yuli menerangkan, pembongkaran saluran drainase diprioritaskan di titik-titik rawan banjir. Salah satunya di area RW05 tepatnya di Jalan Teratai Raya.

“Beberapa titik pembongkaran saluran drainase yang ditutup kita juga sebelumnya melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Alhamdulillah warga merespons dengan baik dan kami dapat persetujuan untuk membongkar drainase depan rumah-rumah warga,” ucap Yuli.

Menurutnya, salah satu faktor besar terjadinya banjir di wilayah Kelurahan Rancaekek Kencana, karena saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pembongkaran saluran drainase dengan cara gotong royong itu bertujuan untuk mengembalikan fungsi drainase yang seharusnya.

“Kita sosialisasi dan edukasi juga supaya drainase dikembalikan ke fungsi semula. Alhamdulillah beberapa pemilik rumah merespons baik dan bersama-sama membuka drainase yang terturup dan tersumbat sampah,” imbuhnya.

Yuli berharap, dengan upaya membongkar saluran-saluran drainase yang sebelumnya kurang tertata, menjadi baik serta dapat mengurangi potensi banjir. Tak hanya itu, Yuli menuturkan, pengerukan sampah yang banyak tersumbat di saluran-saluran drainase pun dilakukan guna memaksimalkan fungsi drainase agar tidak banjir setiap hujan mengguyur.

“Dari Gerbang 2 sampai ke depan SMPN 3 (Rancaekek) pemgerukannya dan iti dibantu alat berat dari Dinas PUTR (Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) selama 4 hari. Kemudian kita bersama semua unsur gotongroyong melanjutkan mengembikan fungsi drainase selama 3 hari. Kecamatan, kelurahan, para tokoh masyarakat, pemuda dan setiap lembaga masyarakat bekerjasama,” pungkas Yuli. (mg5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.