Amankah Meminum Air Putih yang Dibiarkan Semalaman? Begini Kata Ahli

Menyimpan air dalam wadah untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan perubahan rasa dan pertumbuhan kembali mikroba dalam air, kata Xi. Tetapi menyimpan air di lemari es membantu memperpanjang kesegarannya, dibandingkan dengan membiarkannya tetap berada pada suhu kamar atau di dekat panas, yang meningkatkan kemungkinan bakteri tumbuh di air minum.

Sementara untuk air minum kemasan, biasanya memiliki tanggal kedaluwarsa yaitu satu hingga dua tahun lagi. Riese menjelaskan jika itu lebih untuk wadahnya, terutama yang terbuat dari plastik, daripada untuk airnya sendiri. Itu karena ketika botol plastik mulai rusak, bahan kimia dapat larut dari botol ke dalam air.

Bisakah air lama membuat kita sakit?

Para ahli sepakat bahwa air lama mengandung lebih banyak bakteri dan berpotensi membuat kita sakit. Tetapi hal itu tergantung pada jenis bakteri yang ada dan status kesehatan orang yang meminumnya.

Meskipun bakteri kita sendiri kemungkinan tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, bakteri dari berbagi botol air atau gelas atau dari menyentuh barang-barang lain seperti keyboard dan gagang pintu adalah masalah sebenarnya.

Karena itu, Xi menekankan jika ada warna, bau, atau rasa aneh dari air yang akan dikonsumsi, lebih baik tidak meminumnya. (main2id)

Tinggalkan Balasan