3 Cara Cegah Pertengkaran saat Pacaran Menjadi Toxic

Jabarekspres  – Dalam hubungan romantis ada konflik dan terkadang menjadi pertengkaran. Ada beberapa tips agar pertengkaran saat pacaran tetap sehat dan tidak saling melukai.

Seperti yang dilansir Psychology Today di dawah ini:

  1. Hindari kekerasan fisik dan verbal

Ada baiknya di awal hubungan kita membuat sebuah komitmen bahwa ketika nanti terjadi pertengkaran, dua pihak harus menghindari teriakan, hinaan, tuduhan, atau tekanan untuk mengubah diri (bisa dari cara berpakaian, berteman dengan siapa, melakukan apa, dan lain-lain). Ini penting agar saat bertengkar, dua pihak mengetahui batasannya masing-masing.

  1. Selesaikan satu-persatu

Setiap masalah perlu didiskusikan ketika menjalin hubungan. Dua pihak perlu setuju untuk membicarakan apa pun tanpa ada yang ditutupi. Jika ada beberapa masalah dalam satu waktu, sepakati untuk menyelesaikan satu masalah terlebih dahulu agar tak menjadi campur aduk.

Seperti contoh;  muncul pertengkaran karena salah satu pihak lupa merayakan anniversary, jangan singgung masalah salah satu pihak kurang baik dalam mengatur keuangan.

  1. Tentukan waktu untuk bicara

Meski terasa sulit untuk mengontrol emosi ketika keadaan sudah sangat intens, kita perlu menahan diri untuk langsung berbicara panjang mengenai suatu masalah. Membicarakan masalah di situasi yang kurang pas bisa memperburuk masalah.

Maka dari itu, ketika ada yang perlu dibicarakan, lebih baik memilih satu waktu yang bisa disepakati. Kalau sudah menyepakati waktu, dua pihak lebih berpeluang untuk menyiapkan diri, setidaknya tidak melakukan hal yang penting di waktu itu. Pembicaraan bisa jadi lebih terarah tanpa  dipenuhi emosi semata.

Di luar itu, ada beberapa tanda sebuah hubungan mulai mengarah ke toxic relationship, cek di sini buat cari tahu. Semoga membantu! (main2id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan