Jelang Idul Adha 1443 H, Harga Bahan Pangan Melonjak Tinggi

Jabarekspres.com – Harga bahan-bahan pangan di beberapa pasar tradisional melonjak naik menjelang Idul Adha 1443 H.

Salah satu pasar yang merasakan kenaikan harga jelang Idul Adha 1443 H tersebut di antaranya pasar tradisional Kebayoran Lama di Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

Pedagang sayur, Imam (55) misalnya mengungkapkan bahwa pasca lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, harga-harga tersebut justru malah melonjak naik.

“Ada kenaikan harga, malahan sehabis lebaran ini, harga terus naik,” kata Imam yang dikutip dari Disway.id Senin (23/5).

Dia menambahkan bahwa kenaikan harga tersebut dimulai sejak tiga hari menjelang lebaran hingga sekarang.

“Untuk harga pokoknya tiga hari mau lebaran sampai sekarang udah naik terus,” tambah Imam.

Pria yang sudah berjualan sejak 1996 itu menjelaskan penyebab harga sayur mayur dan bumbu dapur terus naik karena faktor cuaca yang terus hujan sehingga menyebabkan gagal panen.

“Biasanya karena barangnya kosong. Biasanya itu juga karrna hujan ya, jadikalau hujan, pasti pada basah dan cepat busuk, terus jadinya langkah,” jelasnya.

Kenaikan harga ini juga dirasakan oleh penjualan sayur lainnya, Utin (50). Dia mengatakan bahwa usai Idul Fitri 1443 H, harga terus naik.

“Ya ada kenaikan malah sekarang tambah naik lagi,” katanya.

Wanita yang sudah lima tahun berjualan itu berharap harga-harga tersebut bisa turun sehingga tidak memberatkan para pelanggannya.

“Semoga harganya bisa normal lagi. Kalau udah normalkan pelanggan juga senang belanjanya,” harapnya. (disway)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan