Teori Multiverse atau Dunia Paralel Seperti Film Doctor Strange, Apakah Benar Ada?

Ia sangat percaya dengan keberadaan multiverse atau dunia paralel, meskipun masih mustahil untuk dibuktikan saat ini.

  1. Infinite universe

Menurut teori ini seseorang bisa melihat dirinya sendiri di zona dimensi yang berbeda.Keberadaan alam semesta ini pun demikian.

Keberadaannya dianggap tidak terbatas jumlahnya dan itu berlaku dalam waktu yang terus menerus secara konstan.

Namun, gagasan atau hipotesis ini juga sudah sering dipatahkan oleh pandangan ilmuwan lainnya. Dilansir Astronomy, menurut pengukuran yang dilakukan oleh banyak ilmuwan di dunia, ditemukan fakta bahwa alam semesta bukanlah zona tanpa batas.

Meskipun sangat amat luas, namun alam semesta dianggap masih terbatas dan tidak abadi.

  1. Daughter universe

Dalam teori ini menyebutkan bahwa, terdapat banyak alam semesta atau alam semesta yang jamak.

Teori ini juga menyebukan bahwa ada manusia selain kita di dimensi yang berbeda.

Mulanya hipotesis ini dikemukakan oleh ilmuwan bernama Hugh Everett pada 1950-an. Dalam pandangannya, alam semesta yang terbentuk sekitar 13,8 miliar tahun lalu ini memiliki banyak salinan.

Nyatanya, gagasan dari Everett ini juga sulit dibantah. Sudah beberapa dekade ini masih belum ada yang mematahkan gagasan yang dianggap ‘absurd’ tersebut.

Stephen Hawking juga justru menyiratkan bahwa alam semesta kita ini memang jamak atau banyak.

Itu sebabnya, Hawking merumuskan teori segala sesuatu, yakni sebuah teori yang dianggap paling rumit di dunia karena akan bersinggungan dengan dunia paralel.

  1. Parallel universe

Parallel universe merupakan sebuah pemahaman yang menyatakan, bahwa alam semesta itu memiliki jumlah lebih dari satu. Entah itu jamak atau pun tidak terbatas.

Dilansir Scientific American, dalam lamannya menulis bahwa teori ini bisa saja benar jika alam semesta mampu melahirkan gelembung lain yang menyebabkan kemunculan alam semesta di dimensi lain.

Tapi, kalau ini benar, maka teori ini akan sejalan dengan teori inflasi. Parallel universe menganggap bahwa alam semesta itu abadi dan terus mengembang tanpa batasan waktu.

Jika memang alam semesta itu abadi, maka dimungkinkan kelahiran-kelahiran gelembung alam semesta yang baru.

Tinggalkan Balasan