Angkat Tema Ekonomi Hijau, Karya Kreatif dan Pekan Kerajinan Jabar Resmi Digelar Hari Ini

BANDUNG – Ajang Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) Tahun 2022 resmi digelar hari ini.

Event yang mengangkat tema “Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Percepatan Ekonomi yang Berkelanjutan” ini, menggandeng 2.000 UMKM yang memamerkan berbagai produk fashion, kriya, craft, kopi, teh, kuliner serta pariwisata khas Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan bahwa sesuai arahan presiden 40 persen belanja pemerintah harus berasal dari produk UMKM. Maka kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik untuk para pelaku UMKM unjuk diri.

“Kami menyambut baik ini sejarahnya diselenggarakan di Jawa Barat dan meng-Indonesia dan menjadi standar nasional, seiring presiden mengarahkan minimal 40 persen dari belanja pemerintah itu harus UMKM. Kalau minimal 40 persen itu sama dengan 160 triliun dari 400 triliun. Nah inilah kesempatan produk umkm unjuk diri,” ujar Gubernur Ridwan Kamil kepada wartawan di Trans Convention Center, Sabtu (14/5).

Pria yang akrab disapa Emil ini menegaskan, bahwa produk UMKM yang mengikuti event KKJ harus berkualitas. Selain itu produk UMKM wajib melakukan registrasi ke e-katalog dan harus memiliki nilai plus ‘green economy’.

“Tahun ini nilai plusnya adalah green economy (ekonomi hijau). Green growth economy ini salah satunya salah satu sumber energinya kalau bisa energi hijau, kemudian sumber material sebelum produksinya juga cari yang terdekat, dijual jangan terlalu jauh,” ucap Emil.

“Kombinasi ini apalagi dengan bahan daur ulang berkualitas. Daya hidup karbon rendah inilah yang dibudayakan di jawa barat, seiring dengan kebutuhan dan visi di masa depan kita harus lebih hijau,” sambungnya.

Teknik pewarnaan pada kain dengan menggunakan bahan alami (ecoprint), telah menjadi tradisi baru produk tekstil di Jawa Barat.

“Baju yang dipakai kita juga adalah bagian dari ecoprint, sebuah tradisi baru yang kita arahkan pada produk-produk tekstil yang berkualitas di Jawa Barat. Tadi kita lihat dari fashion show hal yang biasa akan menjadi kreatif dan super luar biasa,” kata Emil.

Dalam event KJJ yang memainkan peran penting pada pemulihan ekonomi ini, Emil turut menyoroti pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Dalam triwulan pertama, pertumbuhan ekonomi telah mencapai angka 5,61 persen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan